Pariwara
Politik

Fisip UHO dan KPU Gelar Seminar Nasional Politik Beradab

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra bekerja sama dengan Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo (UHO) menggelar seminar nasional dengan tema “Politik Beradab, Politisi Bermutu Guna Mewujudkan Pendidikan Politik yang Baik”, Senin (18/2) di Hotel Plaza Inn Kendari.

Suasana seminar.

Seminar yang diikuti ratusan mahasiswa dan beberapa elemen masyarakat lainnya ini, menghadirkan empat pembicara diantaranya Komisioner Bawaslu Pusat, Sitti Rakhman, Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib, Direktur Eksekutif Perludem Titie Anggraeni, dan Pengamat Politik Sultra M. Najib Husain.

“Selamat datang kepada semua undangan juga para narasumber. Kegiatan ini sangat penting karena tidak mudah membangun masyarakat yang teredukasi politik dengan baik,” ujar Dekan FISIP UHO La Tarifu ketika memberikan sambutan.

Menurutnya, jika proses politik diselenggarakan dengan cara baik, maka akan tercipta situasi kondusif. Dirinya berharap, melalui seminar ini, mahasiswa yang juga menjadi bagian dari aktor politik, bisa bertindak secara etis ditengah-tengah masyarakat.  “Diharapkan pendidikan politik bisa dimulai dari kampus sebagai agen perubahan,” tambahnya.

Sementara itu, Titie Anggraeni, membawakan materi tentang bagaimana menjaga kualitas kontestasi politik ditengah kompleksitas teknis. “Kita adalah bagian dari sejarah dimana, Pemilu 2019 adalah the biggest one day election in the world. Maka mari menjadi masyarakat yang bisa berpartisipasi dengan baik,” imbaunya. Partisipisai yang dimaksud, kata dia, bukan hanya soal datang di TPS, namun juga mengenal kandidat yang akan dipilih. (yuli/abdi).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy