Pariwara
Kolaka Timur

Diskominfo jadi Bank Data OPD Koltim, Internet Terkoneksi Melalui Fiber Optic

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kolaka Timur (Koltim), berupaya menyukseskan program visi dan misi Pemkab yakni menata pemerintahan e-government berbasis aplikasi. Plt. Kepala Diskominfo Koltim, Idarwaty memastikan ketersediaan jaringan fiber optic sangat mendukung terkoneksinya jaringan internet seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) dan menjadikan Diskominfo sebagai bank data OPD.

Idarwaty menjelaskan, konektivitas antara OPD lingkup Pemkab Koltim yang dikoordinir Diskominfo adalah salah satu rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait keterbukaan informasi publik. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Pemkab Kolitm, yakni penerapan e-government berbasis aplikasi demi mendukung terciptanya pemerintahan yang baik.

Nah, Diskominfo sebagai sentral untuk mengoneksikan seluruh OPD. Data-data OPD berada pada satu pintu yang dikendalikan Diskominfo Koltim dan terhubung di ruang kerja Bupati Koltim. “Alhamdulillah, sebanyak 25 OPD sudah terpasang kabel fiber optic berbasis aplikasi. Seperti e-planning, Sistem Keuangan Daerah, Sistem Kepegawaian, pemerintah desa. Semuanya bisa dilihat di Diskominfo secara terpadu dan dipantau oleh Bupati Koltim,” ujar Idarwaty, kepada Kendari Pos.

Bupati Koltim, Tony Herbiansyah menurut Idarwaty sangat mendukung program yang didesain Diskominfo, baik dukungan penganggaran maupun pemikiran. Idarwaty menambahkan, selain membangun infrastruktur, Pemkab Koltim menyesuaikan diri dengan perkembangan informasi dan teknologi. “Semua OPD, kantor bupati sudah terpasang CCTV jadi semua bisa terekam. Insya Allah tahun 2019 ini tuntas semuanya bisa difungsikan. Kami sudah gunakan 41 aplikasi elektronik dilingkup Pemda Koltim. Pemkab menganggarkan Rp. 2,5 miliar APBD mulai 2018 hingga 2019,” tutup Idarwaty. (kus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy