Pariwara
Buton Utara

Dinkes Butur Fogging Daerah Rawan DBD

KENDARIPOS.CO.ID — Sebanyak 11 warga Kabupaten Buton Utara (Butur) dinyatakan positif terjangkit Demam Berdarah Dengue (DBD). Pasien yang didominasi anak-anak telah mendapatkan perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Butur. Tak ingin jumlah penderita kembali bertambah, Dinas Kesehatan (Dinkes) Butur bergerak dan turun lapangan untuk melakukan fogging atau pengasapan dititik-titik yang diduga menjadi sarang nyamuk di Desa Jampaka, Tomoahi, Lakumbe dan Kelurahan Wandaka.

Ilustrasi Fogging

Kepala Bidang Pencegahan, Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Butur, Muh Darlan menuturkan, jumlah pasien DBD sebanyak 11 orang. Olehnya itu, Dinkes mengimbau masyarakat untuk waspada. Langkah pengasapan untuk memberantas nyamuk aedes aegypti telah dilakukan. Selain itu, warga diberikan pemahaman akan pentingnya melakukan tindakan menguras, menutup dan mengubur sebagai bentuk kewaspadaan terhadap serangan DBD dan yang terpenting budayakan pola hidup sehat.

“Kami telah menyurati seluruh Puskesmas untuk segera melakukan langkah-langkah konkret dalam pencegahan penyebaran virus DBD,” terang Muh Darlan di ruang kerjanya, Rabu (6/2). Puskesmas diintruksikan harus selalu siaga memberikan pelayanan kesehatan untuk mengantisipasi peningkatan kasus DBD. Sekaligus melakukan deteksi dini, surveilans ketat dan epidomiologi. (had/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy