Pariwara
Metro Kendari

Cegah Penyalahgunaan Solar Subsidi, Pertamina Terapkan Fuel Card

KENDARIPOS.CO.ID — Pemakaian bahan bakar minyak (BBM) solar subsidi di Kota Kendari cenderung tinggi. Antrian kendaraan roda empat untuk membeli solar subsidi kerap terjadi disetiap SPBU di Kendari. Karena itu, Pertamina bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari akan menerapkan kartu kendali atau kartu elektronik fuel card untuk mencegah penyalahgunaan solar subsidi.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII, M. Roby Hervindo mengungkapkan, untuk memastikan penyaluran solar subsidi lebih tepat sasaran, Pertamina MOR VII bekerja sama dengan Pemkot Kendari mewajibkan penggunaan kartu kendali. Dengan begitu, hanya mereka yang memakai fuel card yang diperkenankan membeli solar subsidi. Itupun dijatah sesuai jenis kendaraan dan kapasitas tangki BBM. Bahkan, SPBU wajib menerapkan mekanisme pembelian solar subsidi menggunakan fuel card.

“Berdasarkan Peraturan Wali Kota Kendari nomor 66 tahun 2018, kartu kendali berupa kartu elektronik fuel card akan diberikan pada konsumen yang berhak membeli solar subsidi sesuai Perpres No. 191 Tahun 2014. Yakni, kendaraan roda empat atau lebih untuk transportasi publik dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) warna kuning. Kendaraan bermotor dengan TNKB warna merah hanya diperbolehkan untuk ambulans dan mobil pribadi,” katanya.

Program ini diterapkan dalam beberapa tahapan. “Tahap pertama yang sedang berjalan saat ini adalah pengumpulan data konsumen, sejak 14 Januari sampai 14 Februari 2019. Tahap berikutnya adalah pembuatan dan penerbitan kartu non tunai fuel card yang didukung sinergi BUMN bersama Bank BRI dalam jangka waktu sekitar 89 hari kerja,” ujar Roby.

Katanya, fuel card akan disalurkan kepada seluruh konsumen solar subsidi yang sudah mendaftarkan data kendaraannya. Pada masa transisi selama sekitar enam bulan,  konsumen masih bisa menggunakan pembayaran tunai. Setelah masa transisi, pembelian solar subsidi hanya dapat melalui fuel Card.

(ade/b).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy