Pariwara
Buton Utara

Bupati Butur Sukses Yakinkan Pusat, Dana Pendidikan Naik Dua Kali Lipat

KENDARIPOS.CO.ID — Memanfaatkan Program Indonesia Pintar (PIP), Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur) berhasil meyakinkan pemerintah pusat untuk mendongkrak dana pendidikan hingga dua kali lipat. Bukan saja menyangkut dana pembangunan pendidikan tetapi juga menyangkut kesejahteraan guru dan siswa.

Abu Hasan

Kepala Dinas Pendidikan Butur, Agus Pria Budiana menjelaskan, peningkatan yang luar biasa hingga di atas 100 persen adalah dana alokasi khusus (DAK). Semula hanya berkisar Rp 6 miliar pada tahun 2018, kini menjadi Rp 13 miliar. “Alhamdulillah, kita berhasil meyakinkan Jakarta. Tentu, hasil ini tak lepas dari kinerja Bupati Butur, Abu Hasan yang terus memberi penekanan pada peningkatan kualitas pendidikan dan kesejahteraan guru serta murid,” tutur Agus Budiana, Minggu (3/2/2019).

Dijelaskan, perhatian pemerintah pada kesejahteraan guru dan siswa juga begitu tinggi. Dan, Butur berhasil merebut simpati pusat. Mantan Camat Bonegunu ini juga menjelaskan, perhatian Pemkab Butur dalam hal peningkatan kesejahteraan guru juga terus bertambah dari tahun ke tahun. Ia mencontohkan, tahun 2018, guru yang mendapatkan tunjangan profesi sebanyak 497 orang. Tahun 2019 ini meningkat menjadi 517 guru. “Kira-kira dari total tunjangan Rp 20 miliar tahun 2018 menjadi Rp 21 miliar tahun 2019. Ini tidak didapat begitu saja, tetapi melalui perjuangan dan kemampuan Bupati Butur meyakinkan pejabat-pejabat pusat,” jelas Agus Budiana.

Selain guru-guru, hal yang sama juga terjadi pada sisi kesejahteraan siswa SD dan SMP. Kata Agus Budiana, melalui Program Indonesia Pintar (PIP), Butur berhasil merebut dana pusat untuk menambah jumlah murid SD dan siswa SMP sebagai penerima. Jumlah murid SD penerima PIP tahun ini meningkat menjadi 6.737 orang yang sebelumnya 6.472 orang dengan kebutuhan dana Rp 2,7 miliar. Untuk tingkat SMP, tahun sebelumnya sebanyak 2.334 orang juga meningkat menjadi 2.787 orang. (had/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy