Pariwara
Metro Kendari

Asrun Lio : Pendidikan Vokasi di Sultra Masuk Prioritas Nasional

KENDARIPOS.CO.ID — Direktorat Jendral Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri menetapkan Sulawesi Tenggara (Sultra) masuk dalam program prioritas nasional tahun 2019 untuk pengembangan pendidikan vokasi bidang pariwisata. Sultra bersama Jakarta dan Jatim menjadi provinsi yang diminta mengembangkan pendidikan vokasi. Kawasan wisata Wakatobi menjadi unggulan Sultra. Potensinya sudah dipresentasekan oleh tim Sultra yang terdiri dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik Sultra dan Dinas Pariwisata Pemkab Wakatobi.

Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D

“Kita hadiri pertemuan, 12 Februari di Kemendagri untuk menyamakan persepsi dalam upaya meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan vokasi di tiga provinsi. Caranya, dengan melibatkan dunia usaha atau industri sebagai mitra. Untuk itu Kemendagri melakukan inisiasi perumusan kesepakatan bersama, antara pemerintah daerah dengan industri swasta dalam pengembangan pendidikan vokasi itu,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra Asrun Lio.

Akademisi UHO itu menekankan, Pemperov yang telah mendapat porsi prioritas itu, sudah harus mendorong peningkatan kualitas pendidikan vokasi. Memfokuskan pada peningkatan kualitas pembelajaran yang dapat mendekatkan kompetensi, keahlian, dan keterampilan lulusan dengan kebutuhan industri swasta dan pengembangan prioritas nasional.

Sultra memiliki SMK yang bisa mendukung program prioritas nasional pendidikan vokasi di bidang pariwisata karena memiliki program unggulan Akomadasi Perhotelan. Di antaranya, SMKN 1 Wangi-Wangi, SMKN 1 Kaledupa, dan SMKS Unggulan Wakatobi. “Daerah lain yang memiliki SMK dengan program unggulan Akomodasi Perhotelan adalah Kabupaten Muna, Kota Bau-Bau, dan Kendari,” pungkas Asrun. (lyn/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy