Politik

Tugas Legislasi Berat, Wakil Rakyat Harus Cerdas

Pariwara

KENDARIPOS.CO.ID — Regulasi pemerintah terkait syarat tingkat pendidikan bagi calon anggota legislatif (Caleg), masih dalam level biasa-biasa saja. Padahal, para pencari gelar wakil rakyat “Yang Terhormat” itu dituntut mampu merumuskan aturan dan mengawasi kinerja pemerintah. Di Sulawesi Tenggara (Sultra), Caleg dengan pendidikan setara Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), cukup dominan. Jumlah mereka yang akan mengikuti pemilihan umum (Pemilu) 2019 mencapai angka 34 persen dari total daftar calon tetap (DCT) yang ada.

Pengamat Politik Sultra, Prof. Eka Suaib, berpendapat, seorang anggota legislatif (Aleg) harusnya lebih cerdas dari pemerintah. Sebab mereka yang akan mengawasi dan memberikan kritik ketika ada regulasi-regulasi yang dianggap merugikan rakyat. “Ketika duduk di kursi parlemen, tugas Aleg adalah merumuskan aturan bersama pemerintah dan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan aturan tersebut. Mereka harus berhadapan dengan eksekutif yang sumber daya manusia serta pengalamannya memadai. Jika pemahaman dan pengalaman mereka tidak setara, maka akibatnya tidak ada keseimbangan di tubuh pemerintahan. Sebab dominasi eksekutif lebih besar,” papar akademisi Universitas Halu Oleo tersebut, kemarin.

Tugas Legislasi Berat, Wakil Rakyat Harus Cerdas
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy