Pariwara
Kolaka Timur

Setahun, Dinkes Koltim Anggarkan Rp 3 Miliar untuk Jatah Obat

KENDARIPOS.CO.ID — Tak ada alasan lagi bagi pelayanan kesehatan masyarakat di Koltim. Pemkab melalui Dinas Kesehatan Koltim sudah menyiapkan anggaran besar untuk jatah pembelian obat selama setahun. Duit rakyat sekira Rp 3 miliar disiapkan untuk jatah obat bagi 12 kecamatan di Koltim melalui dana alokasi khusus (DAK) Dinas Kesehatan tahun 2019. “Alhamdulillah pembelian obat tahun ini cukup baik. Rp 3 miliar sudah masuk dalam program Dinas Kesehatan. Insya Allah stok obat untuk Puskesmas tidak terkendala lagi. Obat itu untuk 155 jenis penyakit. Diharapkan semua Puskesmas bisa menangani pasien dengan baik dan jangan merujuk yang masuk dalam daftar 155 penyakit karena obatnya sudah siap,” ujar Plt. Kepala Dinas Kesehatan Koltim, Hj.Surya Hutapea, kemarin.

Bupati Koltim, Tony Herbiansyah (kiri) bersama Plt.Kepala Dinas Kesehatan Koltim, Hj.Surya Hutapea (kanan) saat meresmikan gudang farmasi di Desa Tawainalu Kecamatan Tirawuta.

Selain itu, gudang farmasi representatif juga sudah dibangun. Sehingga kualitas stok obat terjaga dalam gudang yang memadai.
“Kita sudah punya gudang farmasi representatif. Obat-obatan bisa tertata dengan baik dan mudah dikontrol masa kedaluwarsanya,” ungkap Hj.Surya Hutapea. Tak cukup hanya menyediakan obat-obatan, Dinkes Koltim terus memantapkan aspek pelayanan di setiap Puskesmas. Ke depan Puskesmas dapat melayani rawat inap.

Sebelumnya, Bupati Koltim, Tony Herbiansyah mengapresiasi semangat Plt.Kepala Dinkes dalam membantu membangun daerah khususnya bidang kesehatan masyarakat. “Saya sangat mendukung dan mengapresiasi kinerjanya. Pemkab Koltim juga telah mengalokasikan anggaran kesehatan sesuai amanah undang-undang,” tutup mantan Wakil Bupati Konawe itu. (kus/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy