Pariwara
Politik

Seleksi Komisioner di Kolaka dan Koltim, KPU RI Turunkan Tim Investigasi

KENDARIPOS.CO.ID — Tim Investigasi dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) diturunkan untuk menjalani tugasnya. Mereka akan melakukan pemeriksaan terhadap seluruh persiapan menjelang Pemilu yang bersifat menyeluruh. “Setelah pemeriksaan baru kita akan dapatkan seperti apa hasilnya dari tim investigasi. Ini adalah tindak lanjut dari laporan masyarakat. Termasuk kelanjutan dari dinamika yang menyertai proses seleksi di KPU Kolaka dan Kolaka Timur,” ujar Ketua KPU Sulawesi Tenggara (Sultra), La Ode Abdul Natsir, Sabtu (26/1).

Terkait masalah tersebut, para pelapor akan dimintai keterangan kemudian beberapa oknum yang ikut terlibat. Tim investigasi itu adalah gabungan dari Biro Sumber Daya Manusia (SDM), Inspektorat dan Biro Hukum. Timsel juga akan ikut diperiksa, mulai dari ketua hingga semua anggota. Diperiksanya Timsel karena keterangan dari mereka juga dibutuhkan tim investigasi. Belum diketahui kapan waktu pasti hasil dan rekomendasi itu dikeluarkan. Outputnya akan langsung dilaporkan ke KPU RI.

“Mereka yang akan menerima hasil dari investigasi tersebut, termasuk kebijakan apa nanti yang akan dikeluarkan sebagai tindak lanjut dari investigasi tersebut,” ulang La Ode Abdul Natsir, menegaskan. Pada kesempatan yang sama, ia juga menjelaskan, untuk surat suara, model pengadaannya menggunakan katalog elektronik. Semua diproses oleh pusat melalui Lembaga Kebijakan Pengadaan barang jasa Pemerintah (LKPP). Untuk Sultra, pengadaannya dilakukan salah satu perusahaan dari Jawa Timur. Belum diketahui pasti kapan surat suara tersebut akan datang.

“Salah satu staf kami telah dikirim ke Jakarta untuk mengecek jika sudah diproduksi. Karena sebelum proses produksi, harus ada perwakilan dari kami,” jelasnya. Dalam surat suara Caleg, tidak ada foto. Pemasangan foto hanya ada pada pasangan calon presiden dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD). Selebihnya hanya nama dan tanda gambar partai serta nomor urut.(b/m5)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy