Pariwara
Kolaka Utara

Ribuan Bibit Kakao di Kolut Gagal Tanam

Samsul Ridjal

KENDARIPOS.CO.ID — Ribuan bibit kakao yang didistribusikan kontraktor ke sejumlah desa penerima di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) gagal tanam. Petani kecewa karena tanaman tersebut kondisinya sudah mengering alias mati setelah sampai ke tangan mereka.

Bibit itu ditumpuk berlebihan dalam truk saat pendistribusian. Meski begitu masih ada pula yang masih bisa dipulihkan. Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kolut, Samsu Ridjal membenarkan kondisi itu setelah mengonfirmasi ke setiap mantri perkebunan (Manbun) di kecamatan. “Kalau ada seperti itu (bibit mati) mari tunjukkan kepada kita di mana lokasinya. Itu tanggung jawab kontraktor. Dan wajib mengganti. Kalau perlu jangan diterima kalau mati,” tegasnya, Senin (28/1).

Samsu Ridjal menjelaskan kualitas bibit itu sebenarkan layak tanam, bahkan memiliki sertifikat. Tumbuh kembangnya bibit kakao itu tergantung pemeliharaan petani. Jika hal itu karena faktor distribusi maka kontraktor harus bertangggung jawab mengganti. “Tanaman itu tergantung pemeliharaan. Setelah diterima dari kontaktor, seharusnya jangan langsung ditanam,” jelasnya.

Menurutnya, Pemkab Kolut selalu terbuka dan merespons keluhan di lapangan sepanjang ada bukti dan fakta. “Sampaikan kepada kami dan kita cari solusinya,” tutup Samsu Ridjal. (rus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy