Pariwara
Politik

Relawan Demokrasi akan Ditraining

La Ode Abdul Natsir

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari mengagendakan pelantikan 55 anggota Relawan Demokrasi (Relasi), Selasa (22/1) hari ini. Setelah melalui beberapa tahapan seleksi, mereka akan mendampingi KPU dalam melaksanakan tugas sosialisasi pada masyarakat. Upaya ini merupakan realisasi dari komitmen KPU untuk meningkatkan kualitas pemilihan umum (Pemilu) yang akan dihelat 17 April 2019 mendatang. Ketua KPU Kota Kendari, Jumwal Shaleh, mengungkapkan, mereka (Relasi) akan mengikuti pelatihan sebelum turun lapangan.

“Training akan dilakukan selama kurang lebih tiga hari. Dalam training tersebut, mereka akan dibekali dengan beberapa pengetahuan yang relevan. Siapa yang akan membina mereka nantinya, kami masih menunggu petunjuk teknis (Juknis). Apakah hanya dari pihak KPU, atau menggandeng pihak lain. Kalaupun hanya dari KPU, kami pun sudah siap,” akunya, kemarin. Beberapa materi utama yang harus dipahami para Relasi meliputi, pentingnya demokrasi, Pemilu dan partisipasi, pemahaman tentang teknis tahapan Pemilu yang strategis, kode etik relawan, teknik komunikasi publik, serta materi lainnya yang relevan. Sedangkan beberapa materi sosialisasi yang akan disampaikan oleh Relasi kepada masyarakat diantaranya, pentingnya demokrasi, Pemilu dan partisipasi, detail waktu pemungutan suara, tata cara pemberian suara dalam Pemilu, pengenalan peserta pada lima jenjang, serta materi lainnya yang dianggap relevan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy