Pariwara
Metro Kendari

Peringatan Dini BMKG : Waspada Gelombang 4 Meter di Perairan Baubau dan Wakatobi

KENDARIPOS.CO.ID — Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMGK) Kendari memberikan peringatan dini gelombang, Rabu (23/11/2019).

Ilustrasi

Berdasarkan informasi yang diterima Kendari Pos, gelombang tinggi 2.5 meter hingga 4.0 meter diprakirakan terjadi di Perairan BauBau, Perairan Wakatobi, dan Laut Banda Timur Sultra. “Ini akan terjadi pukul 08.00 – 20.00 Wita. Sementara gelombang 1.25 – 2.5 meter diprakirakan terjadi di Perairan Manui-Kendari dan Perairan Kepulauan Sula,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kendari, Rosa Amelia, melalui rilis yang diterima Kendari Pos, Selasa (22/1).

Rosa meminta bagi kapal yang berlayar memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan. Seperti perahu nelayan kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m. Kapal Tongkang kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m. Lalu, kapal ferry, kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” tutupnya. (imn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy