Pariwara
Buton Tengah

Pemkab Buteng Rintis Tambak Udang, Langkah Awal 30 Hektare

KENDARIPOS.CO.ID — Potensi kelautan dan perikanan di kawasan Waburense dilirik Pemkab Buton Tengah (Buteng). Kawasan yang terletak di Desa Terapung, Kecamatan Mawasangka itu dipoles menjadi kawasan pengembangan ekonomi masyarakat melalui sektor perikanan. Pemkab Buteng akan membangun tambak udang di atas areal 1.032 hektare.

TAMBAK : Bupati Samahuddin (kiri) didampingi Kepala DKP Buteng, Muh Rizal (kanan) meninjau lokasi pembuatan tambak udang. Pemkab Buteng berencana membangun tambak udang seluas 30 hektare.

Bupati Buteng, Samahuddin mengatakan lahan seluas 1.032 hektare tersebut merupakan Areal Peruntukan Lain (APL). Tahun ini lahan tambak ini akan dibuka. Masyarakat bisa langsung memanfaatkan tambak udang yang akan disediakan pemerintah. “Insya Allah tambak udang akan dibuka di Waburense ini. Langkah awal, kita akan garap sekira 30 hektare dulu,” ujar Samahuddin disela-sela peninjauan lokasi tambak udang, Kamis (17/1).

Samahuddin menjelaskan tambak udang seluas 30 hektare ini menjadi percontohan. Jika ini berhasil maka tidak menutup kemungkinan, luas tambah ditingkatkan tahun berikutnya. “Mudah-mudahan ini bisa berjalan baik. Waburense ini akan kita jadikan kampung percontohan nelayan di Kabupaten Buteng,” imbuh Samahuddin. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Buteng, Muh Rijal menambahkan realisasi tambak udang ini segera dilaksanakan.Bupati Buteng telah menyediakan anggaran sekira Rp 200 juta dari APBD 2019 untuk pembukaan lahan tambak udang seluas 30 hektare. “Anggaran sudah siap Rp 200 juta dan kita akan eksekusi secepatnya,” ujar Muh.Rizal.

DKP Buteng akan melibatkan tim konsultan untuk menghitung kesesuaian anggaran dan luasan area yang akan dibuka. “Kita maksimalkan dengan anggaran yang ada dulu,” ungkap Rizal. Dalam waktu dekat pula, DKP akan mencari peluang pemasaran udang Vaname agar ke depannya tidak sulit memasarkannya. (rud/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy