Pariwara
Wakatobi

Pasar Wakatobi tak Berfungsi

PASAR : Pasar Rakyat Sentral Wakatobi ini belum difungsikan lantaran belum ada hibah dari pemerintah pusat kepada pemerintah Kabupaten Wakatobi. Pasar itu dibangun dengan anggaran DAK perbantuan.

KENDARIPOS.CO.ID — Pasar Rakyat Sentral Wakatobi hingga kini tak berfungsi dan mengakomodir traksaksi jual beli, padahal dibangun sejak tahun 2017. Pemicunya, pemerintah pusat belum menghibahkan bangunan pasar kepada Pemkab Wakatobi. Pasar sentral itu dibangun dengan anggaran DAK perbantuan.

Belum dihibahkannya pasar yang terletak di jalan poros Liya-Wanci ini karena ada beberapa syarat dan ketentuan yang belum dipenuhi Pemda Wakatobi. Diantarnya, sertifikat tanah belum lengkap hingga izin mendirikan bangunan (IMB) yang saat ini masih diproses daerah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kabupaten Wakatobi, Safiuddin mengatakan sudah melengkapi dokumen sertifikat tanah. IMB tahapannya sudah berjalan. “Sebenarnya kami telah diundang oleh pemerintah pusat belum lama ini. Tapi karena syaratnya belum dipenuhi dan harus dilengkapi sehingga belum dihibahkan. Yang dihibahkan itu baru program lain tapi belum termasuk pasar ini,” ungkapnya.

Kendati begitu, Disperindag mengklaim seluruh kelengkapannya telah dipenuhi. Dan bisa jadi tahun ini gedung pasar type D yang menelan anggaran sekitar Rp 6 miliar ini bisa difungsikan.

“Sarana air bersih dan listrik sudah kami lengkapi. Kami anggarkan melalui APBD tahun 2018 lalu. Jadi sebenarnya pasar ini sudah siap pakai. Kita tinggal menunggu dihibahkan saja dari pusat,” tutup Safiuddin. (thy/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy