Pariwara
Politik

KPU Sultra Gandeng Imigrasi Mutakhirkan Data

Ilustrasi

KENDARIPOS.CO.ID — Dalam upaya pemutakhiran data pemilih luar negeri (LN), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengadakan forum komunikasi bersama pihak Kantor Imigrasi Kota Kendari. Langkah ini akan berlangsung hingga data pemilih LN bisa direkap seluruhnya dan dianggap valid. Tujuannya untuk menghindari adanya data ganda.

“Data pemilih LN masih dalam tahap rekapitulasi dan akan disinkronkan dengan daftar pemilih (DPT) yang ada. Jangan sampai mereka tercatat dalam DPT dan daftar pemilih tambahan (DPTb) sekaligus,” ungkap Komisioner KPU Sultra Muh Nato Alhaq, saat ditemui akhir pekan lalu. Dengan menggandeng imigrasi, kata dia, pihaknya bisa memastikan berapa jumlah warga Sultra yang ada di LN. Kemudian, KPU Sultra akan mencari kepastian data tersebut, apakah mereka (yang sudah terdata sebagai daftar pemilih tetap LN) masih akan bermukim hingga hari pemilihan atau tidak. Apabila mereka tetap di LN, maka penyaluran hak pilih akan mereka lakukan di negara di mana yang bersangkutan bermukim. Dengan catatan, memenuhi persyaratan sebagaimana tertuang dalam peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) Nomor 12 Tahun 2018 tentang “Penyusunan Daftar Pemilih di Luar Negeri dalam Penyelnggaraan Pemilihan Umum”.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy