Pariwara
Politik

KPU Baubau Rekrut 11 Basis Relawan Demokrasi

La Ode Fridi

KENDARIPOS.CO.ID — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) terus berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilihan umum (Pemilu) 2019. Berbagai kebijakan dikeluarkan termasuk soal rekrutmen relawan demokrasi untuk memaksimalkan partisipasi pemilih tersebut. Kebijakan itu dijalankan penyelenggara Pemilu tingkat kabupaten/kota termasuk Kota Baubau.

“Proses perekrutan relawan demokrasi telah kita lakukan. Totalnya untuk Kota Baubau KPU merekrut 11 basis dalam membantu menjalankan beberapa tugas dalam kaitannya meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih pada Pemilu 2019,” kata Anggota KPU Kota Baubau, La Ode Fridi saat dikonfirmasi, Rabu (16/1). Secara garis besar, lanjut dia, perekrutan relawan demokrasi terbagi dalam 10 segmen atau basis. Akan tetapi pihaknya merekrut 11 basis termasuk relawan demokrasi itu sendiri. Seluruhnya adalah basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan, penyandang distabilitas dan pemilih keagamaan. Kemudian basis pemilih berkebutuhan khusus, pemilih kaum marginal, pemilih komunitas, basis warga internet (netizen) dan relawan demokrasi.

“Dari semua itu, terdapat dua basis yang kekurangan anggota. Makanya kita bersurat ke komunitas kelompok itu untuk menyodorkan beberapa nama yang bisa menjadi relawan. Tentunya dengan memenuhi segala persyaratan yang ada. Karena setiap basis beranggotakan lima orang. Jadi total seluruh anggota relawan demkorasi sebanyak 55 orang,” terangnya.

Divisi Hukum KPU Baubau itu menambahkan, seluruh anggota relawan demokrasi akan bekerja membantu KPU dalam menyosialisasikan Pemilu 2019 pada kelompok basisnya masing-masing. Seperti memperkenalkan peserta Pemilu mulai dari kandidat preiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi dan kabupaten/kota. “Masa kerja relawan demokrasi ini selama tiga bulan. Seluruh anggota akan menerima fasilitas berupa honor, pakaian, ID card dan sertifikat,” pungkasnya. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy