Pariwara
Konawe Kepulauan

Kominfo Konkep Mantapkan Jaringan Internet, 21 Titik Sudah Terealisasi

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Komunikasi Teknologi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) memantapkan jaringan internet. Untuk memberikan pelayanan internet kepada warga di daerah itu, kini sedang dipacu. Dari 32 titik jaringan internet yang diusulkan Badan Aksesibilitas Teknologi Informasi (Bakti), baru 21 yang dapat direalisasikan tahun 2018. Rinciannya, 11 jaringan internet berbasis jaringan radio link dan 10 jaringan lainnya berbasis Very Small Aperture Terminal (VSAT). Adapun sisanya bakal direalisasikan tahun 2019 ini.

Ilustrasi

Kepala Bidang (Kabid) Kominfo Konkep, Abdulah, mengatakan, 21 titik jaringan yang sudah ada saat ini menyasar sekolah-sekolah yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). “Akhir bulan ini semua jaringan internet yang tersebar di Pulau Wawonii akan kami aktifkan semua. Saat ini yang sudah aktif baru 11 titik jaringan internet yang mengunakan radio link,” kata Abdulah, Minggu (20/1/2019).

Diskominfo Konkep berupaya mengaktifkan 11 titik jaringan internet yang belum terealisasi tahun lalu. “Kominfo RI berjanji akan merealisasikan 11 jaringan internet tahun ini dari 32 jaringan. Karena SMAN Munse dan SMAN Roko-roko belum terkoneksi jaringan internet,” ujar Abdulah. Abdulah mengklaim sekira 90 persen SMA penyelenggara UNBK di Konkep sudah terkoneksi dengan jaringan internet. Di SMAN 1 Wawonii Barat akan dikoneksikan jaringan berbasis radio link yang ada di Dinas Kominfo Konkep.

Abdulah menjelaskan tahun ini, Diskominfi berupaya memasang jaringan telekomunikasi di beberapa wilayah yang sama sekali belum tersentuh jaringan telekomunikasi. “Insya Allah tahun ini, ada lima titik jaringan telepon. Yang akan diprioritaskan di Kecamatan Wawonii Tenggara dan Wawonii Selatan. Kalau jaringan telekomunikasi ini sudah masuk di wilayah tersebut. Secara otomatis area-area blogspot kami sudah tertutupi semua. Yang jelasnya tahun ini kami akan upayakan jaringan internet dan jaringan telekomunikasi,” tandasnya. (san/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy