Kenalkan LTMPT, UHO Sosialisasi SPMB 2019 Diikuti Perwakilan Sekolah di Sultra – Kendari Pos
Edukasi

Kenalkan LTMPT, UHO Sosialisasi SPMB 2019 Diikuti Perwakilan Sekolah di Sultra

Humas UHO for Kendari Pos
Suasana sosialisasi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) tahun 2019 yang diikuti perwakilan sekolah dari 17 kabupaten/kota di Auditorium Mokodompit, Sabtu (12/1)

KENDARIPOS.CO.ID — Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) tahun 2019, sedikit berbeda dengan sebelumnya. Tahun ini, pengelolaah SPMB di bawah kendali Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). Universitas Halu Oleo (UHO) sebagai salah satu perguruan tinggi yang melaksanakan SPMB, kampus ini pun membentuk struktur organisasi yang bertanggung jawab pada pengelolaan SPMB tersebut. Hal itu disampaikan Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, M.Si., M.Sc., saat sosialisasi SPMB tahun 2019 yang diikuti para kepala sekolah dan perwakilan sekolah dari 17 kabupaten/kota di Sultra, Sabtu (12/1).

Terkait sejumlah perubahan yang terkait SPMB tahun ini, Prof Zamrun menjelaskan bahwa Kemenristekdikti setiap tahun selalu memberikan inovasi terbaru. Sistem seleksi penerimaan mahasiswa dibuat transparan, akuntabel dan berkualitas ari setiap tahunnya. “Tahun lalu namanya Panitia Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PSPMB), kali ini semua yang berkaitan dengan tes masuk perguruan tinggi akan dikelola oleh lembaga tersebut,” jelasnya, (12/1). Berdasarkan pada peraturan Menteri Riset,Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) No : 198/SP/HM/BKKP/X/2018 mengenai skema baru seleksi PTN 2019.

“Seleksi penerimaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dari minimal 30 persen turun menjadi 20 persen, dan untuk SBMPTN minimal kuota 40 persen dan kuota ujian mandiri maksimal 30 persen dari program daya tampung setiap Program studi,” terangnya. Selain perubahan struktur lembaga seleksi calon mahasiswa dan perubahan yang signifikan mengenai kuota, yakni perubahan ujian tes. Tahun ini akan diberlakukan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), pada setiap tes SNMPTN dan SBMPTN. Pengembangan model dan seleksi mahasiswa, yang dulu menggunakan kertas. Tahun ini sudah berbasis teknologi informasi dan digitalisasi yang menjadi tuntutan era saat ini. (m6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy