Pariwara
Ekonomi & Bisnis

Kenaikan Harga Tiket Pesawat Picu Inflasi

Pesawat penumpang menunggu jadwal keberangkatan di ruang tunggu Bandara Halu Oleo, Kendari, beberapa waktu lalu. Foto: LM Syuhada Ridzky/Kendari Pos

KENDARIPOS.CO.ID — Pakar Ekonomi Universitas Halu Oleo (UHO), Prof. Dr. Nurwati, SE., M.Si mengungkapkan, kenaikan harga yang terjadi pada tiket pesawat sejak Desember 2018 sampai Januari 2019 (sekarang, red) bisa menyebabkan inflasi pada suatu daerah, termasuk di Sultra.

Hal ini dikarenakan pihak maskapai penerbangan menaikan harga tiket pesawat secara berangsur. Kenaikan harga tiket juga tidak dibarengi dengan penambahan flight. “Saat ini permintaan akan tiket pesawat cukup tinggi, contohnya saja pada tahun 2018 yang tercatat sebanyak 110 orang menggunakan jasa transporasi udara di Indonesia atau tumbuh sebesar 8 persen. Nah, dengan permintaan yang cukup tinggi ini jika tidak dibarengi dengan penambahan flight maka harga tiket akan semakin tidak terkendali dan kemungkinan terburuk harga tiket pesawat akan melewati Tarif Batas Atas (TBA) yang berpotensi|terjadi inflasi,” ungkap Nurwati, Minggu (13/1).

Laman: 1 2 3 4 5

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy