Inflasi Sultra Tahun 2018 Terkendali – Laman 2 – Kendari Pos
Ekonomi & Bisnis

Inflasi Sultra Tahun 2018 Terkendali

“Kenaikan tekanan inflasi juga terjadi pada kelompok bumbu-bumbuan terutama cabai rawit yang mengalami inflasi sebesar 35,65 persen (mtm) dan bawang merah yang mengalami inflasi sebesar 14,72 persen (mtm). Terbatasnya penanaman yang dilakukan oleh petani atas kedua komoditas tersebut berdampak terhadap terbatasnya stok dan peningkatan harga di pasar. Meskipun demikian, peningkatan tersebut masih dapat tertahan oleh deflasi yang terjadi pada komoditas kelompok bahan makanan lain seperti beras, sayur-sayuran dan ikan segar,” kata Surya.

Secara keseluruhan, sambung Surya, realisasi inflasi Sultra pada 2018 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini didorong oleh terkendalinya inflasi kelompok bahan makanan yang mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya. Selain itu penurunan juga terjadi pada kelompok lain seperti kelompok makanan jadi dan perumahan meskipun tertahan oleh peningkatan yang terjadi pada empat kelompok lainnya (sandang, kesehatan, pendidikan dan transportasi).

Laman: 1 2 3

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top