Edukasi

Hanya 80 Unit Komputer Tersedia Untuk 524 Peserta Ujian Nasional

SINTHA PUSPITANINGRUM/KENDARI POS MINIM : SMAN 4 Kendari hanya memiliki 80 unit komputer pada dua laboratorium. Perangkat itu belum memadai untuk 524 peserta ujian nasional. Pihak sekolah mencoba mengatasi dengan meminta siswa membawa laptop saat ujian nanti.

KENDARIPOS.CO.ID — Satu bulan lagi, pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMA, akan dihelat. Dalam persiapan pelaksanaan itu, fasilitas perangkat komputer yang menjadi media utama pengerjaan soal ujian nasional tersebut, disiapkan. Untuk mengantisipasi kekurangan perangkat, Kepala SMAN 4 Kendari, Ruslan, meminta partisipasi siswa dan wali siswa serta para guru untuk membawa laptop pribadi.

“Kami (SMAN 4 Kendari) hanya memiliki 80 unit komputer pada dua laboratorium. Perangkat kami belum memadai untuk 524 peserta ujian nasional. Namun bisa diatasi dengan kerja sama siswa membawa laptop mereka saat ujian nanti,” harap Ruslan, Selasa (29/1). Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) tersebut, menjelaskan hampir semua sekolah SMA di Kota Kendari juga memiliki kendala serupa dalam persiapan sarana perangkat komputer.

Diproyeksi, ujian akan dibagi menjadi tiga bagian. Hal itu memudahkan pihak sekolah untuk mengatur peserta menggunakan perangkat komputer saat ujian. “Setelah laptop siswa dihimpun di sekolah, kami akan bekerja sama dengan operator agar perangkat tersebut disambungkan dengan aplikasi simulasi, tryout, dan jaringan UNBK,” tandasnya.

Seperti diketahui, peminjaman perangkat boleh saja dilakukan sesuai kebijakan yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui resources sharing. Kebijakan Kemendikbud memperkenankan sekolah yang kekurangan komputer di sekolahnya untuk melaksanakan ujian di sekolah lain yang perangkatnya telah memadai. Namun, pihak SMAN 4 Kendari memilih bekerja sama dengan siswanya sendiri. (b/m6)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy