Dosen UMK Latih Pengurus Majelis Taklim di Bombana – Kendari Pos
Edukasi

Dosen UMK Latih Pengurus Majelis Taklim di Bombana

Dokumen Pribadi
Suasana pelatihan pada salah satu majelis taklim di Kelurahan Toubonto, Kecamatan Rarowatu, Kabupaten Bombana, beberapa waktu yang lalu.

KENDARIPOS.CO.ID — Majelis Taklim merupakan salah stau lembaga pendidikan masyarakat yang tumbuh dan berkembang dari masyarakat Islam yang kepentingannya untuk kemaslahatan umat manusia dan sebagai wadah pemberdayaan umat. Hal inilah yang mendorong Asrul, M.Pd., dosen Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) melakukan kegiatan pembinaan dalam bentuk pemberian pelatihan terhadap kaum perempuan yang tergabung dalam salah satu Majelis Taklim di Kelurahan Toubonto, Kecamatan Rarowatu, Kabupaten Bombana pada tanggal 10 Januari 2019 lalu.

Dalam pelatihan tersebut, Asrul memberikan pengetahuan dalam tigas aspek. Yakni pertama melakukan pembinaan manajemen majelis taklim misalnya memberikan pembinaan terkait bidang keagamaan, pendidikan, ekonomi dan ketahanan bangsa. “Saya juga mengajarkan kepada mereka bagaimana cara menata manajemen majelis taklim mulai dari perencanaan (planning), pengorganiasasian (organizing), aksi atau tindakan (actuating) serta pengawasan (controlling),” ujarnya, Jumat (11/1).

Lanjut dia, aspek yang kedua yaitu mengajarkan kurikulum organisasi majelis taklim, yakni dengan memberi materi pengajian, kemudian mengajarkan metode pengajaran pada majelis taklim. Aspek yang ketiga, sambung Asrul, adalah dengan mengadakan program kerja bandan kontak majelis taklim. “Saya ajarkan mereka bahwa dalam organisasi itu ada beberapa bidang didalammnya seperti bidang organisasi, bidang dakwah, bidang pendidikan dan latihan, bidang kerjasama, bidang sosial dan kemasyarakatan, bidang usaha dan pemberdayaan ekonomi, bidang kesehatan, bidang pemberdayaan perempuan, ketahanan keluarga dan perlindungan anak, bidang komunikasi dan informasi serta bidang hukum dan advokasi publik,” beber Asrul.

Ia pun berharap dengan pelatihan yang dilakukannya terhadap para kaum perempuan yang tergabung dalam majelis taklim itu dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap manajemen majelis taklim, kurikulum organisasi majelis ta’lim dan program-program kerja yang diselenggarakan oleh majelis taklim. “Semoga apa yang telah saya lakukan dapat terbentuk kelompok majelis taklim yang mampu mengelolah kegiatan-kegiatan yang diselenggarkan oleh badan kontak majelis taklim serta dijadikan sebagai wadah pemberdaaan perempuan agar mereka mampu berinovasi dan berkreasi secara mandiri melalui pembelajaran mandiri,” pungkasnya. (ags/b)

Dosen UMK Latih Pengurus Majelis Taklim di Bombana
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy