Pariwara
Kolaka Utara

Diduga Sengaja Dibakar, Lebih 5 Hektare Hutan di Kolut Hangus

KENDARIPOS.CO.ID — Lebih 5 hektare (Ha) hutan di Puncak Monapa Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) terbakar Selasa (29/1/2019). Api cepat menjalar karena tiupan angin yang cukup kencang. Dugaan sementara hutan tersebut sengaja dibakar oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

Kobaran api tersebut pertama kali diketahui seorang pengguna jalan bernama Jibril yang sedang melintas. Titik lokasi kebakaran tersebut merupakan areal yang sedang gencar-gencarnya dibuka warga untuk lahan pertanian.

Kasubag Humas Polres Kolut, Ipda Yospin Ngii membenarkan hal tersebut. Ia mengatakan informasi kebakaran diterima dari seorang warga dan langsung disampaikan ke pimpinan. Mendengar hal tersebut, Kapolres AKBP Susilo Setiawan langsung ke lokasi. Begitu juga dengan Bupati Kolut Nur Rahman Umar datang melihat hutan yang dilalap api.

“Kobaran api berhasil dipadamkan sekira pukul 18.00 wita. Penyebabnya belum diketahui namun diduga ulah oknum yang hendak membuka lahan. Masih diselidiki lebih lanjut,” bebernya.

Dugaan tersebut disampaikan Yospin karena peristiwa kebakaran di tempat tersebut kerap berulang dengan modus serupa. Untuk diketahui, proses pemadaman api berlangsung hingga menjelang magrib yang melibatkan warga, TNI/Polri dibantu dua unit mobil pemadam kebakaran (Damkar). (rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy