Dianggarkan Ratusan Juta, Ribuan Bibit Pohon Siap Hijaukan Lasusua – Kendari Pos
Kolaka Utara

Dianggarkan Ratusan Juta, Ribuan Bibit Pohon Siap Hijaukan Lasusua

KENDARIPOS.CO.ID — Pertumbuhan pohon trambesi yang selama ini menghijaukan ibukota Lasusua Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) sudah tidak terkendali. Akarnya merusak trotoar dan jalan. Bahkan sering tumbang dan mengancam rumah dan warga yang melintas.
Bupati Kolaka Utara (Kolut), Nur Rahman Umar didampingi Kepala Dinas PU, Mukramin dan Kepala DLH, Ramang telah ke lapangan menjawab persoalan itu. Bupati titik-titik galian rencana penanaman pengganti pohon pelindung. “Untuk tahap pertama, sekira enam ribu bibit pohon sudah siap. Jenis bibitnya ketapang kencana dan flamboyan,” ujarnya, Senin (21/1).

Ilustrasi bibit pohon.

Bibit tersebut sudah disiapkan dikantor DLH Kolut. Ke depan akan ditambah jika dinilai belum cukup. “Semua pepohonan di jalan-jalan ibukota termasuk ruas trans Sulawesi akan diganti. Jika belum cukup akan ditambah karena seluruh jalan By Pass akan ditanami,” ungkap Nur Rahman Umar.

Sejak Senin sore hingga beberapa hari kedepan proses penggalian lubang tanaman akan dilakukan. Pohon pelindung yang ada bakal ditebang saat pohon pengganti sudah tumbuh. Meski begitu, DLH Kolut akan menebang pohon yang dianggap membahayakan. Total anggaran pengadaan bibit sekira Rp. 600 juta. (rus/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top