DD Koltim Meningkat, Kini Rp 96 Miliar – Kendari Pos
Kolaka Timur

DD Koltim Meningkat, Kini Rp 96 Miliar

Martha Hutapea

KENDARIPOS.CO.ID — Anggaran dana desa (DD) yang digelontorkan pemerintah pusat ke Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) selalu meningkat. Tahun 2018, jumlah DD di Koltim sekira Rp 84 miliar. Tahun ini bertambah sekira Rp 12 miliar sehingga berjumlah Rp 96 miliar. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan PAD Koltim, Martha Hutapea mengatakan kenaikan itu karena adanya tambahan dana kelurahan yang masuk. Jika kalkulasi setiap desa bisa mendapat alokasi ratusan juta hingga Rp 1 miliar lebih. Apalagi nantinya ada penambahan bantuan Pemkab sebesar 10 persen khusus alokasi dana desa (ADD).

“Memang pencairan belum dilakukan untuk tahap pertama 2019 ini. Kami masih menunggu petunjuk pelaksanaan (Juklak) dan petunjuk teknis (Juknis). Yang jelas, kami hanya membantu kepala desa karena pencairan uangnya langsung KPNN yang transfer ke rekening desa masing-masing. Mudah-mudahan juklak dan juknisnya segera terbit agar DD segera ditransfer ke desa-desa,” ujar Martha Hutapea kepada Kendari Pos, Jumat (11/1).

Terpisah, Bupati Koltim, Tony Herbiansyah mengatakan, DD sangat bermanfaat bagi kemajuan desa dan daerah. Karena itu, pengelolaan DD harus profesional sehingga tepat sasaran. Diharapkan DD dapat bermanfaat bagi kemajuan desa. Ketua DPW NasDem Sultra ini, mengungkapkan bantuan Pemkab Koltim juga bertambah seiring bertambahnya APBD Pemkab Koltim. Karena bantuan desa berupa alokasi dana desa (ADD) yakni 10 persen dari jumlah APBD yang digelontorkan sama persis dengan bantuan pemerintah pusat.

“Saya harap ADD tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan publik. Jalankan sesuai rambu-rambu yang berlaku. Jangan buat aturan sendiri karena sebabnya bisa fatal,” ujarnya. (kus/b)

DD Koltim Meningkat, Kini Rp 96 Miliar
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy