Pariwara
Buton Utara

Bupati Butur Anggarkan Rp 1 Miliar untuk Olah Lahan

Abu Hasan

KENDARIPOS.CO.ID — Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan meyakini sektor pertanian organik dapat mengentaskan kemiskinan di wilayahnya. Abu Hasan getol mengampanyekan program unggulan itu ke akar rumput. Bahkan pasangan Wabup Ramadio itu menstimulasi rakyatnya untuk bertani dengan menyediakan dana subsidi.

“Tahun ini kita porsikan anggaran kurang lebih Rp 1 miliar untuk subsidi pembukaan lahan baru untuk perluasan pertanian organik,” ujar Abu Hasan di ruang kerjanya, Rabu (16/1).

Jelang tiga tahun memimpin Bumi Lipu Tinadeaokono Sara, Abu Hasan terus mendorong semua elemen dalam pembukaan lahan pertanian baru. Langkah itu sebagai upaya untuk meningkatkan produktifitas pangan organik. Bahkan, lahan tidur di area samping jalan poros pun harus produktif. Tidak sejengkal tanah pun di Butur “menganggur”. Begitu penekanan Bupati Butur, Abu Hasan.

Camat, lurah dan seluruh kepala desa dibebankan tugas untuk mengajak warga agar memanfaatkan lahan untuk ditanami pangan organik. Mantan Kepala Biro (Karo) Humas Pemprov Sultra itu menambahkan, program pengembangan pertanian organik tetap menjadi program unggulannya.

Pemkab Butur menargetkan lahan pertanian baru yang terbuka seluas ratusan hektare. Biaya pembersihan lahan ditanggung pemerintah. Tak hanya itu, petani tak perlu repot mencari bibit. Semuanya disediakan.

“Untuk menyukseskan pertanian organik pemerintah turut ambil peran. Mulai pengelolahan lahan sampai pasca panen. Target produksi ditargetkan. Satu hektare bisa menghasilkan satu ton beras organik dan nilai jualnya cukup tinggi. Rp 30 ribu perkilo gram. Ini sangat menjanjikan untuk meningkatkan perekonomian petani,” jelas Abu Hasan.

Getol membangun sektor pertanian organik, Bupati Butur Abu Hasan tak mengabaikan pembangunan infrastuktur. Pengaspalan jalan, pembangunan jembatan, penyiapan Sistem Penyedia Air Minim (SPAM) dan saluran irigasi daerah persawahan tetap dibangun. (had/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy