Pariwara
HEADLINE NEWS

Berebut Lahan Tambang, 3 Kelompok Warga di Kolut Nyaris Bentrok

KENDARIPOS.CO.ID — Tiga kelompok masyarakat dari dua kecamatan berbeda di Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) nyaris bentrok akibat berebut lahan pertambangan di Desa Mosiku Kecamatan Batu Putih, Kamis (31/1/2019) siang. Bahkan sebuah basecamp yang berdiri di atas tanah lokasi tambang dirobohkan oleh salah satu kelompok.

Aparat Polres Kolut saat memberikan pemahaman kepada warga agar menyelesaikan persoalan dengan berdialog.

Kasubag Humas Polres Kolut, Ipda Yospin Ngii menjelaskan, basecamp yang dirobohkan itu milik kelompok warga Desa Lelewawo Kecamatan Batu Putih dibawah pimpinan bernama Burhanuddin. Karena dinilai main caplok lahan, dua kelompok dari Desa Lawata Pakue Tengah dan Lelewawo dibawa komando Hawarni, langsung melakukan pembongkaran.

“Jadi tiga kelompok itu, 1 dibawah komando Burhanuddin. Sementara 2 kelompok dikendalikan oleh Hawarni,” ujarnya.

Kata Kasubag Humas, Hawarni merupakan seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) beralamat di Lorong Pondui KM II Kolaka. Ia memimpin dua kelompok warga tersebut yang melakukan pengrusakan basecamp milik Burhanuddin. “Dua kelompok masyarakat tersebut yang diarahkan Hawarni sejumlah 17 orang,” sambung Kasubag Humas.

Dalam tuntutannya, Hawarni meminta Burhanuddin tidak lagi menguasai lokasi tersebut dan segera hengkang. Menurut Ipda Yospin, petugas telah menjembatani persoalan ini demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. “Barang bukti digunakan melakukan pembongkaran diamankan personil Polsek Batu Putih di lapangan. Keduanya dimediasi terkait duduk persoalannya. Sejauh ini situasi kondusif,” pungkasnya. (rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy