Politik

Belum Ada Aturan Pasti Bagi Pemilih Penyandang Disabilitas

Pariwara

KENDARIPOS.CO.ID — Terhitung ada sekitar 6.025 penyandang disabilitas yang masuk daftar pemilih tetap (DPT) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) pada pemilihan umum (Pemilu) 2019. Meskipun jumlahnya tidak signifikan atau hanya mengambil porsi 0,004 persen dari total DPT Sultra, namun hak-hak mereka di Pemilu nanti, tetap harus dijamin. Untuk hal tersebut, perlu ada perlakuan khusus sekaligus memastikan hak pilih mereka dapat disalurkan. Namun, hingga saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum mengeluarkan aturan sehubungan dengan teknis pemungutan suara untuk para penyandang disabilitas.

“Salah satu syarat tempat pemungutan suara (TPS) adalah akses. TPS harus menjamin orang-orang dengan disabilitas tertentu bisa menyalurkan hak pilihnya. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, ada beberapa perlakuan khusus bagi penyandang disabilitas seperti meliputi tuna daksa, tuna netra, tuna rungu/tuna wicara dan lainnya. Namun, kami belum bisa memberikan pernyataan terkait teknis pelaksanaan untuk Pemilu 2019 nanti apakah sama dengan sebelumnya atau seperti apa. Kami masih menunggu keputusan KPU RI,” ungkap Komisioner KPU Sultra Iwan Rompo Banne, kemarin.

Belum Ada Aturan Pasti Bagi Pemilih Penyandang Disabilitas
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy