10 Tahun Tak Difungsikan, Rujab Wabup Wakatobi Jadi Temuan BPK – Kendari Pos
Wakatobi

10 Tahun Tak Difungsikan, Rujab Wabup Wakatobi Jadi Temuan BPK

ASTY NOVALISTA / KENDARI POS RUJAB : Rujab Wakil Bupati (Wabup) Wakatobi dibangun dengan menggunakan duit rakyat tapi sayangnya hingga saat ini belum difungsikan. Tak berfungsinya rujab Wabup Wakatobi itu kini menjadi temuan BPK.

KENDARIPOS.CO.ID — Bukan hanya pasar Sentral Wangi-wangi yang tak difungsikan sejak tuntas dibangun. Rumah jabatan (rujab) Wakil Bupati Wakatobi pun seperti itu. 10 tahun lalu rujab itu dibangun namun hingga saat ini tak difungsikan. Padahal tak sedikit uang rakyat dibelanjakan untuk membangun fasilitas tersebut.

Tak berfungsinya aset daerah yang terletak di jalan Wungka Barakati, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan itu justru menjadi temuan Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK).

Sebagai salah satu aset tetap yang sampai saat ini belum dimanfaatkan, Pemda Wakatobi diharapkan segera menginventarisasi aset-aset tersebut. Kepala Badan Pengelolaan dan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Wakatobi, Juhaiddin mengatakan sesungguhnya
tidak ada kendala berarti sehingga rujab Wabup Wakatobi belum difungsikannya. Tapi, fasilitasnya harus dilengkapi lebih dulu.

“Seperti sarana air bersih, listrik dan beberapa fasilitas lainnya yang perlu dibenahi. Komponen-komponen tersebut harus dilengkapi dan dibenahi. Sehingga betul-betul bangunannya lengkap satu kesatuan. Ada garasinya hingga parkirnya juga,” ujar mantan Plt Sekab Wakatobi itu, Senin (28/1).

Menurutnya, temuan BPK terhadap rujab Wabup Wakatobi yang hingga kini belum difungsikan bukan hal yang harus ditutup-tutupi. “Makanya harus diinventarisir. Kalau tidak difungsikan sesuai peruntukannya bisa digunakan untuk yang lainnya. Supaya aset yang sudah dibangun ini bisa dimanfaatkan,” ungkap mantan Inspektur Wakatobi itu.

Juhaiddin menyebut ada beberapa saran dan rekomendasi dari BPK ke Pemkab Wakatobi. Aset-aset yang masih jadi temuan ini perlu diinventaris oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. “Kalau ada hal-hal yang perlu dibenahi maka harus dibenahi. Supaya kedepan bisa segera dimanfaatkan,” tandasnya. (thy/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top