Pariwara
Muna Barat

Capil Mubar Terapkan Program GISA

KENDARIPOS.CO.ID — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Muna Barat (Mubar) memaksimalkan pendataan dan pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el). Untuk optimalisasi capaian pada warga wajib KTP-el, pihak instansi teknis tersebut menerapkan program gerakan Indonesia sadar administrasi kependudukan (GISA).

Kepala Disdukcapil Mubar, Alimin Ole, menjelaskan, program GISA akan disosialisasikan ke seluruh wilayah. Tujuannya agar masyarakat menyadari pentingnya dokumen kependudukan. “Dokumen kependudukan itu tidak boleh diabaikan. Sebab salah satu kebutuhan masyarakat dan proses perencanaan pembanguanan pada dasarnya ada di kependudukan. Jika data penduduk tidak tertib, otomatis perencanaan pembangunan pada berbagai sektor berpengaruh,” argumennya.

Tak hanya itu, ketika masyarakat tidak tercatat atau belum memiliki dokumen kependudukan, maka hak-haknya dari negara tidak akan diberikan. “Kalau tidak tercatat dalam dokumen kependudukan, dia bisa saja tak mendapat hak-haknya dari negara, seperti bantuan pemerintah,” sambung Alimin Ole. Ia menegaskan, Bupati Mubar, LM. Rajiun Tumada juga sudah menginstruksikan pihaknya dan tidak ingin ada masyarakat Mubar tak tercatat dan belum memiliki dokumen kependudukan. (c/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy