Pariwara
Buton

Perpindahan Pegawai di Buton Disorot

Edi Sunarno

KENDARIPOS.CO.ID — Mutasi atau roling jabatan di lingkup pemerintahan mutlak dilakukan untuk mendinamiskan roda organisasi. Tapi jika mutasi atau perpindahan pegawai tanpa diketahui atasan dan tanpa koordinasi terang saja akan menuai kontroversi dan sorotan. Perpindahan pegawai di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Buton mengakibatkan penurunan kinerja sehingga pelayanan terganggu. Hal itu diungkapkan Kepala DLH Buton, Edi Sunarno.

Edi Sunarno mengatakan mutasi yang dilakukan berdampak pada pengurangan kualitas kinerja pada OPD yang dipimpinnya. Khususnya kinerja dalam menjalankan tugas penggelolaan sampah, dan penggelolaan lingkungan hidup. “Terdapat lima kepala seksi yang mengalami kekosongan akibat mutasi tersebut. Ini kan mengurangi kinerja dan mengakibatkan pelayanan terhadap masyarkat terganggu,” ujarnya saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (5/12).

Edi Sunarno mengaku akan mengadukan mutasi itu kepada pemimpinnya, yakni Bupati Buton La Bakry dan Sekab Buton, Ld. Zifar Djafar. Hemat dia, jika kondisi ini dibiarkan berlarut-larut maka akan menurunkan kualitas pelayanan yang akan bermuara pada berkurangnya kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. “Idealnya sebelum melakukan mutasi terlebih dahulu kami dikonfirmasi. Sehingga tidak terkesan ada kelemahan dalam suatu organisasi tersebut,” kesalnya.

Idealnya, BKPPD melihat kemampuan suatu organisasi sebelum melakukan mutasi. Sebab tidak semua permohonan masyarakat atau PNS bisa dikabulkan tanpa melihat kebutuhan didalamnya. “Jangan asal mutasi tanpa ada penggantinya dan harus dikonfirmasi terlebih dahulu. Apa lagi sampai mengalami lima jabatan yang kosong dalam satu organisasi,” tegas Edi Sunarno.

Saat ini DLH Buton hanya punya tiga kepala bidang dan empat kepala seksi. Sementara yang mengalami kekosongan sekira lima seksi. Diantaranya seksi pemeliharaan lingkungan dan seksi pengelolaan sampah.

Sementara itu, Kepala BKPPD Buton, Zanuriah mengaku belum mengetahui adanya mutasi di Dinas Lingkungan Hidup (DLH). Dinas yang dipimpin Edi Sunarno itu tidak menyampaikan kepada instansinya. “Tidak ada penyampaian dari DLH. Kalaupun ada akan kita tata ulang agar terisi kembali. Namun jika benar terjadi mutasi, itu karena permintaan pribadi sehingga tidak diketahui oleh atasannya,” ungkap Zanuriah. (mel/c)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778