Pariwara
Kolom

Kepemimpinan Pendidikan Abad 21, Oleh: Prof Hanna

Hanna

KENDARIPOS.CO.ID — Pada 21-22 November 2018 lalu, Kementerian Pendidikan Malaysia District Tuaran menggelar Konferensi International. Temanya yang diangkat “Together Transforming Education International Conference”. Tempatnya di Auditorium Universitas Sabah Malaysia (USM). Menampilkan pembicara professional dari beberapa negara bagian, seperti Singapura, Selangor, Kuala Lumpur, Thailand dan Vietnam. Acara itu dihadiri 646 peserta dari berbagai negara tetangga Malaysia. Prof. Dr. Hanna, M.Pd didaulat sebagai guest speaker. Dia menguraikan panjang lebar tentang kepemiminan pendidikan abad 21.

Menurut Prof Hanna, keberhasilan tranformasi pendidian abad 21 tergantung seorang kepala sekolah mengambil peran. Bagaimana mengelola pendidikan pada tingkat satuan dalam menghadapi perubahan. Dalam tantangannya terkait keragaman budaya, teknologi, tren sosial, kekuatan pasar, atau upaya peningkatan berkelanjutan yang terkait dengan manajemen mutu total, perubahan selalu ada. Pemimpin harus menjadi manajer perubahan yang bijaksana dan menunjukkan pendekatan cerdas terhadap kepemimpinan. Kepemimpinan adalah kekuatan pendorong organisasi untuk efektif menerapkan, melaksanakan, dan mengelola perubahan.

Pada abad 21 ini, dunia ramai memperbincangkan mengenai masuknya era revolusi 4.0. Kehidupan menjadi tidak terbatas, karena dipengaruhi perkembangan internet dan teknologi digital. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi masyarakat. Karena pada era ini berbagai aktivitas manusia digantikan teknologi mesin. Termasuk di dalamnya bidang ilmu pengetahuan hingga pendidikan tinggi. Seharusnya era ini mendapat respons cepat dari masyarakat agar Indonesia memiliki daya saing tinggi di tengah persaingan global.

Era 4.0 dicirikan dengan kompleksnya persoalan yang dihadapi penduduk dunia. Untuk dapat berkiprah, butuh orang-orang yang memiliki kecakapan sosial. Jenis pekerjaan ini tentu tidak dapat digantikan fungsinya oleh komputer. Menjawab berbagai tantangan pendidikan, maka orientasinya adalah akumulasi kemampuan kognitif, psikomotorik, dan afektif. Untuk mendukung hal itu dibutuhkan sarana dan prasarana memadai serta dukungan dari masyarakat. Kaum intelektual harus mengadakan pergerakan literasi baru. Berupa literasi digital, teknologi dan manusia.

Di abad 21, memerlukan berbagai keterampilan yang harus dikuasai peserta didik. Mereka mesti menguasai empat pilar kehidupan yang mencakup learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together. Empat prinsip tersebut masing-masing mengandung keterampilan khusus yang perlu diberdayakan dalam kegiatan belajar. Biasa disebut 4C, yakni Communication (komunikasi), Collaboration (kolaborasi), Critical Thinking and Problem Solving (berpikir kritis dan menyelesaikan masalah), and Creativity and Innovation (kreatif dan inovatif), mampu memberdayakan literasi informasi, dan menyelesaikan dengan HOTs (Higher Order Thinking skills).

Pencapaian keterampilan abad ke-21 dilakukan dengan memperbarui kualitas pembelajaran. Membantu siswa mengembangkan partisipasi, menyesuaikan personalisasi belajar, menekankan pembelajaran berbasis proyek/masalah. Pembelajaran yang mendorong kerja sama dan komunikasi, meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, membudayakan kreativitas dan inovasi dalam belajar, menggunakan sarana belajar yang tepat, mendesain aktivitas belajar yang relevan dengan dunia nyata, memberdayakan metakognisi, dan mengembangkan pembelajaran student-centered. Sehingga siswa mampu menghadapi tantangan pembelajaran 4.0. Pembelajaran abad ke-21 memiliki prinsip pokok pembelajaran harus berpusat pada siswa, bersifat kolaboratif, kontekstual, dan terintegrasi dengan masyarakat. Peran guru sangat penting dalam mewujudkan masa depan anak bangsa yang lebih baik. (*)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778