Pariwara
Edukasi

Dosen Asing Bahas Masyarakat Pesisir Dalam Konferensi Internasional di USN

ZULFADLI NUR / KENDARI POS
Konferensi internasional yang digelar USN Kolaka dan Adri pada salah satu hotel di Kolaka. Dosen luar dan dalam negeri dari berbagai kampus hadir dalam konferensi dan membahas pengembangan masyarakat pesisir yang berkelanjutan.

KENDARIPOS.CO.ID — Kiprah Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mulai dikibarkan di pentas internasional. USN dipercaya menggelar konferensi internasional pada salah satu hotel di Kolaka. Konferensi yang digelar bersama Perhimpunan Ahli dan Dosen Republik Indonesia (Adri) yang mengulas tema “Sustainable Coastal Community Development’ atau Pengembangan Masyarakat Pesisir yang Berkelanjutan. Narasumber dari beberapa universitas ternama di Indonesia dan luar negeri turut hadir.

Adapun pemateri yang terlibat dalam konferensi internasional di USN ini, yaitu Prof Kuniyoshi Shimizu Ph.D dari Kyushu University Japan, Prattana Srisuk, Ph.D., dari Rajamangala University Technology Krungthep Thailand, Prof. Ahmad Tarmizi bin Abdul Karim dari University Tun Hussein Malaysia. Narasumber lainnya, Prof. Nurdin dari Universitas Halu Oleo, Kendari, dan Prof. Dr K.H. AbduL Wahid Maktub dari Kemenristekdikti.

Acara ilmiah tersebut dibuka Rektor USN Kolaka, Dr. Azhari sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Adri Sultra. Dalam sambutan yang berbahasa Inggris, Azhari mengatakan konferensi internasional ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di USN sejak menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) empat tahun lalu. Olehnya itu, dirinya merasa bangga atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada seluruh peserta bisa hadir dalam konferensi internasional ini,” tutur Azhari dihadapan Ketua Umum ADRI Pusat, Dr. H. Achmad Fathoni Rodli dan ratusan dosen serta ahli dari sejumlah kampus di Indonesia.

Menurut Azhari, konferensi ini sangat penting untuk membahas berbagai isu dunia seperti yang tercermin dalam tema kegiatan yakni pengembangan masyarakat pesisir yang berkelanjutan. Isu hubungan internasional antara akademisi berbagai negara, kestabilan global, hubungan kerjasama, demokrasi, kesejahteraan masyarakat, dan pengembangan ekonomi sosial menjadi tercermin dalam tema kegiatan ini yaitu pengembangan masyarakat pesisir yang berkelanjutan.

“Konferensi ini juga bertujuan untuk mempererat kerja sama antara negara dalam mempromosikan perdamaian dunia dan kesejahteraan rakyat. Dan yang penting komitmen kerja sama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya dan pendidikan,” ujar Dr Azhari.

Sementara itu, Ketua Umum Adri Pusat, Dr. H. Achmad Fathoni Rodli mengapresiasi USN Kolaka karena sukses menyelenggarakan kegiatan internasional yang pertama di Bumi Mekongga itu. “Apresiasi yang tinggi kita berikan kepada USN Kolaka. Sebab USN telah sukses menyelenggarakan konferensi internasional yang orang-orang meragukan terlaksananya kegiatan ini, tapi Alhamdulillah seperti yang kita lihat konferensi ini bisa sukses terlaksana. Jadi Adri memang memberi dorongan untuk kemajuan, seperti sebelumnya di Cirebon, karena adanya dorongan Adri itu bisa ada bandara baru,” katanya.

Pria yang juga menjabat sebagai Rektor Universitas Maarrif Hasyim Latif Sidoarjo ini berharap, dengan terlaksana kegiatan internasional tersebut, maka Kolaka bisa menjadi kota masa depan dan Adri bisa memberi andil di dalamnya. “Kolaka ini bisa menjadi kota masa depan, apalagi sumber daya alam Kolaka sangat kaya. Tanahnya saja bisa dijual ke luar negeri. Namun lebih dari itu, yang terpenting dari konferensi ini adalah bisa membuahkan hasil yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kemaslahatan umat manusia,” harapnya. (fad/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778