Pariwara
Konawe Utara

SAKIP Dievaluasi, Pemkab Konut Harap Nilai B

Antariksa Kepala Bappeda Konut

KENDARIPOS.CO.ID — Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan melakukan evaluasi terhadap sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Konawe Utara (Konut). Pemerintah kabupaten (Pemkab) masih akan menunggu jadwal pasti evaluasi tersebut dari KemenPAN-RB.

“Kita masih menunggu jadwal, sebelumnya Konut diinformasikan akan dievaluasi minggu ini. Tetapi sampai hari ini belum ada jadwal pasti. Yang jelasnya, bulan ini juga akan dievaluasi,” ujar Kepala Bappeda Konut, Antariksa. Mantan Sekretaris Bappeda Konut itu menjelaskan, setiap OPD Konut berkesempatan memaparkan di hadapan tim evaluasi KemenPAN-RB terkait kinerja selama tahun 2017 lalu.

“Jadi tim evaluasi akan memberikan penilaian terhadap kinerja masing-masing OPD. Apakah masuk kualifikasi B, C atau CC. Karena dari hasil evaluasi KemenPAN-RB, yang baru mendapatkan nilai A di seluruh Indonesia baru Banyuwangi. Sedangkan untuk Sultra yang dapat kategori B baru Kota Kendari, Wakatobi dan Konawe Selatan. Pemkab Konut baru C,” akunya.

Antariksa menambahkan, dalam evaluasi tahun ini pihaknya optimis SAKIP Pemkab Konut bisa mendapatkan kualifikasi penilaian B. “Mudah-mudahan kalau sudah dievaluasi ada perbaikan ke nilai B. Itu berarti pelayanan, penyelenggaraan pemerintahan dan akuntabilitas kinerja sudah mulai bagus,” sambungnya.

Bila dapat meraih kualifikasi penilaian B, maka bantuan dari pemerintah pusat akan terbuka lebar diperoleh Pemkab Konut. Itu karena jika penyelenggaraan pemerintahan birokrasi sudah membaik, juga berdampak pada pelaksanaan anggaran yang tepat sasaran. Sebelumnya, OPD Konut telah memaparkan tentang kinerja yang dicapai dalam pelaksanaan program 2017.

Penilaian itu disesuaikan dengan target yang telah ditentukan dalam dokumen rencana strategis tiap OPD untuk mendukung pencapaian indikator kinerja utama (IKU) kepala daerah sebagaimana tertuang dalam RPJMD 2016-2021. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy