Pariwara
Buton Utara

Pemkab Butur Mulai Pembangunan 50 Unit Rumah Khusus

HADRIAN INDRA MAPA/KENDARI POS
PERUMAHAN : Bupati Butur, H. Abu Hasan meletakkan batu pertama pembangunan rumah khusus di Desa Petetea, Kecamatan Kulisusu Utara.

KENDARIPOS.CO.ID — Upaya Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Buton Utara (Butur) merealisasikan pembangunan rumah khusus di Desa Petetea, Kecamatan Kulisusu Utara, akhirnya terwujud. Bupati Butur, H. Abu Hasan, meletakkan batu pertama pembangunan hunian menghabiskan anggaran sebesar Rp 6,1 miliar ditargetkan rampung Desember mendatang.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Buton Utara, Armin, menuturkan, pembangunan rumah khusus merupakan pengentasan hunian tak layak huni. “Kini Desa Petetea kita sulap. Kini memiliki rumah permanen. Perjuangan mendapatkan 50 unit rumah khusus tak praktis begitu saja. Dari proyek ini satu sen pun tidak ada keuntungan,” ujar Armin.

Sementara itu, Bupati Butur, H. Abu Hasan menuturkan, janji kampanye satu persatu telah ditunaikan. Rumah ibadah, Islamic Center dan gedung satuan pendidikan dibangun. Teranyar, pembangunan rumah khusus untuk warga. “Hari ini kita sudah hadirkan fasilitas rumah khusus akan menjadi milik masyarakat tetapi ada konsekuensinya benar-benar rumah ini ditinggali. Bukan rumah singgah atau tempat alternatif tapi rumah tinggal,” imbau Abu Hasan.

Mantan Karo Humas Pemprov Sultra itu mengungkapkan, daerah harus berterima kasih pada pemerintah pusat. Tak semua daerah mendapat alokasi. “Oleh karena itu, masyarakat harus ikut mengawasi ini pekerjaan. Desa Peteta ini saya akan jadikan desa model. Agromerium model pembangunan kekuatan darat tanah terintegrasi dengan laut. Kita bangun empang kita buatkan jalan untuk pertanian padi ladang,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy