Pariwara
Muna

Gagas Wisata Purbakala di Muna, Liangkabori Jadi Andalan

Wa Ode Ruslina Lindra

KENDARIPOS.CO.ID — Promosi pariwisata Kabupaten Muna akan tampil berbeda. Pemerintah kabupaten (Pemkab) kini mulai berfokus membranding Muna sebagai destinasi purbakala. Gua Liangkabori diyakini punya nilai jual tinggi yang tidak dimiliki daerah lain. Makanya, gua prasejarah itu akan dijadikan ikon wisata di Bumi Sowite.

Hal itu diungkapkan Wa Ode Ruslina Lindra, Kepala Bidang Promosi Pariwisata pada Dinas Pariwisata Kabupaten Muna. Menurutnya, persaingan menjadi daerah tujuan wisata cukup ketat di Indonesia. Pemkab harus jeli dari segi pemasaran agar tidak kalah saing. “Muna sebenarnya punya jualan berkualitas, wisata prasejarah. Kita punya Liangkabori yang orang tidak akan temukan di Wakatobi ataupun bahkan Bali,” katanya, Senin (21/11).

Ia menambahkan, jika Muna mengandalkan wisata bahari dengan destinasi unggulan Pantai Meleura ataupun Towea, nilai jual kedua lokasi itu kurang populer. Harus ada inovasi dan terobosan yang dapat memancing wisatawan berkunjung ke Muna. “Kalau bahari, kita tidak mungkin menyaingi Wakatobi ataupun Labengki. Meleura sudah kalah berapa langkah. Harus ada sebuah inovasi dan potensi itu ada di Liangkabori,” paparnya.

Gua Liangkabori sangat eksotik dan sarat kandungan sejarah. Destinasi ini cocok itu pecinta alam dan para arkeolog. Liangkabori juga menawarkan wisata edukasi tentang perjalanan hidup peradaban kuno. Apalagi pada salah satu Gua terdapat lukisan layang-layang yang menjadi bukti otentik asal muasal permainan tersebut. “Saya yakin ini akan diminati wisatawan mancanegara,” paparnya.

Ruslina sudah punya cara agar Liangkabori dikenal dunia. Salah satunya dengan menggelar festival bertema tradisional. Pengunjung akan disuguhkan nuansa berbeda yang jauh dari modernitas. “Akan ada tampilan pegambus dan suguhan penganan lokal yang pemandangannya perbukitan kart. Festival akan dilaksanakan 17 Desember nantu,” pungkasnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy