Pariwara
Konawe Utara

DPRD Apresiasi Empat Raperda Usulan Pemkab Konut

KENDARIPOS.CO.ID — Empat rancangan peraturan daerah (Raperda) yang diusulkan Pemerintah Kabupaten (pemkab) Konawe Utara (Konut) mendapat apresiasi dari empat fraksi di DPRD. Keempat usulan produk hukum daerah itu terkait rencana tata ruang wilayah kawasan perkotaan Wanggudu tahun 2017-2037, perubahan kedua atas peraturan daerah nomor 9 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Kabupaten Konut, Raperda penyelenggaraan ketenagakerjaan serta aturan terkait retribusi jasa laboratorium.

Apresiasi itu dilontarkan saat keempat fraksi memberikan pandangan umumnya dalam agenda sidang paripurna. Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) melalui juru bicaranya, Indra Supriadi, berharap agar Raperda retribusi jasa laboratorium dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Selain itu bisa meningkatkan pengawasan terhadap setiap usaha yang berkaitan dengan produksi limbah. Sehingga target retribusi dari limbah cair ini dapat tercapai.

Sementara itu Fraksi KPK DPRD Konut, melalui perwakilannya, Rasmin Kamil lebih mengarahkan agar Raperda tentang rencana tata ruang wilayah kawasan perkotaan Wanggudu tahun 2017-2037 dapat dilihat dengan memetakan zonasi kawasan. “Perlu ada estetika kota asas, manfaat, termasuk kondisi alam. Karena kegiatan dizonasi ini bukan masalah pertanian akan tetapi kawasan pemukiman kota, pemusatan dan distribusi pelayanan pemerintahan, pelayanan sosial dan ekonomi,” gagas Ketua Komisi I DPRD Konut tersebut, dalam rapat yang dipimpin langsung Ketua DPRD, Jefri Prananda dan dihadiri Wakil Bupati, Raup. (c/min)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy