Pariwara
Buton Utara

Disdukcapil Butur Terbitkan 1.376 SKPWNI

Muh. Asri

KENDARIPOS.CO.ID — Polemik jumlah penduduk Kabupaten Buton Utara (Butur) yang pindah ke luar daerah karena alasan mencari pekerjaan, menjadi topik hangat perbincangan saat ini, di wilayah tersebut. Untuk meluruskan informasi, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Butur, Asri, menegaskan, pihaknya tak pernah menerbitkan surat keterangan pindah warga negara Indonesia (SKPWNI). Apalagi jumlahnya hingga 5.000 orang.

“Disdukcapil Buton Utara belum pernah mengeluarkan SKPWNI untuk ke luar daerah sebanyak 5.000 orang. Paling penting bahwa belum ada undang-undang yang memberi kewenangan pada kami, bahwa setiap yang mengurus surat itu harus mencantumkan alasan pindah,” ujar Asri, Rabu (14/11). Ia menjelaskan, tugas instansinya hanya membuat dokumen kependudukan berupa surat pindah, jika sudah memenuhi syarat pengantar dari desa serta kartu keluarga asli dan alamat tujuan pindah.

“Jadi kami tidak tahu penyebab kepindahannya, sepanjang sudah penuhi syarat administrasi, maka kami buatkan. Itu sekadar perbandingan data yang ada di SIAK Disdukcapil Buton Utara untuk pindah luar daerah. Surat pindah tahun 2017 sebanyak 704 dan 2018 ini berjumlah 672,” rincinya. Mantan Sekretaris DPRD Butur ini mengkalkukasi, jika ditotalkan warga mengurus surat pindah mencapai 1.376 otang. “Ini tergantung kepada publik untuk memaknai. Sudah tentu jika kita menghitung data penduduk pindah sejak mekar, akan bertambah. Sekali saya menegaskan warga yang ingin pindah tidak pernah mencantumkan alasannya apa,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy