Pariwara
Buton Utara

Dinas Perikanan Butur Bangun Keramba Jaring Tancap

Karamba Jaring Tancap Dibangun di Desa Langere

KENDARIPOS.CO.ID — Geografis Kabupaten Buton Utara (Butur) adalah kepulauan dengan laut luas dan memiliki kekayaan bawah laut melimpah. Melihat potensi tersebut, pihak Dinas Perikanan Butur terus mengoptimalkan berbagai program bagi para nelayan. Salah satunya, pengadaan keramba jaring tancap atau tempat budi daya ikan di Desa Langere, Kecamatan Bonegunu.

“Jelang tahun ini berakhir, berbagai program unggulan telah tuntas. Salah satunya, pembangunan keramba tancap di Desa Langere. Biaya pengadaan tempat budi daya ikan itu sebesar Rp 100 juta bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja daerah,” ujar Plt. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Buton Utara, Sinaria, Rabu (28/11). Ia menambahkan, warga Desa Langere kebanyakan memenuhi kebutuhan ekonominya dengan mencari hasil laut. Makanya, program pengadaan keramba dinilai tepat. “Ini merupakan bentuk kepedulian Dinas Perikanan terhadap nasib nelayan di desa itu. Fasilitas disiapkan bukan hanya alat tangkap dan kapal. Tetapi juga tempat budi daya ikan,” ungkap Sinaria.

Khusus pengadaan bantuan 44 paket kapal bagi nelayan, segera dibagikan. Dinas Perikanan tengah melakukan verifikasi terhadap kelompok penerima bantuan yang memiliki kartu nelayan dan tergabung dalam koperasi.
“Pengadaan bantuan 44 paket kapal ukurannya di bawah 3 GT telah ada. Penerima bantuan tengah diverifikasi oleh verifikator Dinas Perikanan sehingga nantinya tepat sasaran. Kami juga masih menunggu persetujuan bupati. Setelah itu akan dibagikan ke kelompok nelayan. Pos anggarannya bersumber dari dana alokasi khusus sebesar Rp 1,4 miliar,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy