Pariwara
Muna

Bupati Muna Janji Perhatikan Tunanetra

LM Rusman Emba

KENDARIPOS.CO.ID — Puluhan warga penderita tunanetra di Muna berkumpul di Aula Galampa Kantolalo, rumah jabatan Bupati, LM. Rusman Emba, Senin (5/11). Masyarakat berkebutuhan khusus itu menggelar musyawarah daerah Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI) Kabupaten Muna. Mereka bersyukur sebab bupati ikut hadir dalam kegiatan tersebut.

La Ode Hadi, Ketua ITMI Muna, mengatakan, selama ini organisasinya kurang mendapat perhatian pemerintah. Kehadiran LM. Rusman Emba dianggap sebagai harapan baru bagi masyarakat tunanetra di daerah tersebut. “Sudah tiga bupati, baru saat ini kami seperti diperhatikan,” akunya. Dalam kesempatan itu, La Ode Hadi berterima kasih karena Musda dapat terselenggara. Katanya, warga tunanetra juga memiliki hak sama terhadap pembangunan. Makanya, pemerintah harus memperhatikan kaum disabilitas agar pembangunan berkeadilan bisa terwujud di Muna.

“Kami minta keberpihakan APBD. Supaya jangan setiap kegiatan kami harus menunggu belas kasih orang lain,” pintanya. Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi dan Informasi Dewan Pimpinan Pusat ITMI, Yogi Matsoni, menjelaskan, saat ini sudah ada 149 cabang organisasi itu di kabupaten/kota. Kehadiran organisasinya bertujuan memastikan hak tunanetra dapat terjamin. Selain itu, ITMI juga wadah pendidikan dan dakwah tidak saja bagi tunanetra, melainkan juga masyarakat luas.

Bupati Muna, LM. Rusman Emba, mengaku siap melibatkan ITMI dalam program daerah. Ide dan pemikiran ITMI bisa bersinergi dengan program yang diusungnya dan harus menjadi mitra Pemkab. “Saya mengapresiasi Musda ITMI dan semoga kepengurusan yang baru bisa semakin berkolaborasi dengan pemerintah,” pungkasnya. (c/ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy