Pariwara
Metro Kendari

Purna Bakti, Belasan Polisi Senior Diarak Ala Tradisi Wakatobi Kansoda’a

Anggota Polri yang memasuki usia purna bakti diarak oleh para juniornya usai upacara wisuda purna bakti yang dipimpin Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto di Mapolda Sultra, Senin (26/11). Belasan polisi purna bakti itu diarak ala tradisi Wakatobi, Kansoda’a.

KENDARIPOS.CO.ID — Markas Polda Sultra Senin (26/11) pagi ramai dengan barisan personel Brimob dan Dalmas Polda Sultra. Nuansa adat begitu kental membalut acara tradisi pelepasan anggota Korps Bhayangkara yang memasuki masa purna bakti. Prosesi pelepasan para polisi itu didesain secara khas. Mereka diarak di atas tandu dari dalam Markas Polda hingga ke luar markas. Junior mereka, dengan sigap memanggul tandu bambu berwarna kuning.

Didampingi istri masing-masing, para polisi yang mengenakan batik, naik di atas tandu ala tradisi Wakatobi, Kansoda’a. Senyum semringah bercampur haru tak pernah lepas dari bibir para polisi tersebut. Sepanjang jalan, barisan polisi memberi hormat dengan sikap tegap. Sebagian lagi melepas para seniornya dengan menaburkan bunga tanda perpisahan.

Sebelumnya, Kapolda Sultra, Brigjen Pol Iriyanto memimpin upacara wisuda purna bakti bagi 13 anggota Polri dan satu PNS Polri di Lapangan Polda Sultra, Senin (26/11). Prosesi wisuda dan pelepasan ala Kansoda’a menjadi sebuah penghormatan bagi para polisi yang pensiun. Kapolda Sultra Brigjen Pol Iriyanto mengatakan, upacara purna bakti sejatinya merupakan salah satu bentuk penghargaan yang tulus dan bentuk ungkapan rasa hormat yang setinggi-tingginya dari segenap kesatuan dan rasa kecintaan bagi anggota yang memasuki masa pensiun. Mereka dinilai punya jasa sejak berkarir hingga pensiun di Polda Sultra. “Kita berikan mereka penghargaan seperti ini. Untuk mengikat tali persaudaraan terhadap anggota yang masih aktif sebagai generasi penerus,” ujar  Brigjen Iriyanto saat memimpin upacara.

Keberhasilan tugas dan perkembangan Polri tidak lepas dari peranan masyarakat termasuk didalamnya sumbangsih purnawirawan Polri. Sejak awal berkarir hingga pensiun, para polisi itu tetap memegang teguh semboyan Bhayangkara tetap Bhayangkara dan patuh pada Tribrata dan Catur Prasetya. “Kami akan selalu terbuka menerima kritik, saran, dan masukan guna perbaikan Polri ke depannya,” tutur Brigjen Iriyanto.

Kapolda mengingatkan bahwa purna bakti bukanlah akhir dari pengabdian bagi insan Bhayangkara sejati. Tetapi sebagai langkah awal untuk melanjutkan pengabdian kepada masyarakat secara langsung. Purnawirawan akan lebih banyak waktu dan kesempatan untuk berinteraksi sosial. Sebab, mereka tak lagi dibebani rutinitas tugas dinas, sehingga peluang tersebut  dapat dimanfaatkan seutuhnya untuk kepentingan keluarga dan masyarakat. (b).

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778