Pariwara
Metro Kendari

Pameran Museum Keliling Bangkitkan Semangat Juang Pelajar

Kepala Dinas Dikbud Sultra, H.Damsid (tengah pegang mic) saat pembukaan pameran museum keliling di Hotel Plaza Kubra, Senin (26/11).

KENDARIPOS.CO.ID — Museum Kebangkitan Nasional memboyong beragam benda-benda, dan dokumen bukti sejarah perjuangan kemerdekan di Kendari. Benda bersejarah itu diboyong dalam rangka pagelaran pameran museum keliling yang berlangsung sejak 26 November hingga 1 Desember nanti. Pihak Museum Kebangkitan Nasional, Dian Purwananta, mengatakan kegiatan ini memang diprioritaskan untuk dilaksanakan di Kendari sebagai perwakilan dari Sulawesi Tenggara. “Kami dari museum nasional berterima kasih dengan sambutan hangat ratusan siswa di sini, para guru dan Dinas Dikbud Sultra dan Dikmudora Kota Kendari,” ujarnya, Senin (26/11) saat pembukaan di Hotel Plaza Kubra.

Harapan itu diamini Kepala UPTD Museum dan Taman Budaya Dikbud Sultra, Dodhy Syahrulsah. Dia optimis pameran keliling yang menjadi agenda tahunan museum kebangkitan nasioal itu bisa memacu peningkatan pengetahuan dan minat masyarakat terhadap informasi sejarah nasional. “Ini sangat mengedukasi anak-anak kita untuk melihat dari dekat bukti-bukti sejarah perjuangan bangsa ini. Tentunya ini bisa memperkokoh nasionalisme mereka,” ujar Dodhy Syahrulsah.

Ditempat yang sama,  Kepala Dinas Dikbud Sultra, H. Damsid mengapresiasi pameran keliling itu. Era digitalisasi saat ini membuat minat siswa terhadap benda-benda bernilai sejarah semakin kecil. “Benda-benda seperti tombak, miniatur rumah model dulu di masa perjuangan,  dan lain sebagainya itu bukan barang rongsokan. Justru karena dia kuno maka nilai sejarahnya sangat tinggi,” ungkap H.Damsid.

Mantan Dekan Fisip UHO itu meminta siswa aktif berkunjung di stan pameran. Berada dalam ruangan pameran, Damsid mengaku bisa merasakan semangat perjuangan yang tinggi karena dikelilingi dengan benda-benda bersejarah. “Bisa saya katakan pameran ini sebagai momentum kebangkitan semangat juang para pelajar,  semangatnya bukan untuk perang lagi, tetapi mengisi kemerdekaan sebagai amanah dari para pahlawan,”tutur H.Damsid. (lyn/b)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778