Pariwara
Kesehatan

Hati-hati! Ini Penyakit yang Sering Menyerang Balita

KENDARIPOS.CO.ID — Anak usia bayi hingga balita masih rentan dan sensitif dengan asupan makanan atau minuman serta udara. Maka mereka lebih rentan sakit. Salah satu contoh kasus dengan mengambil sampel di Kecamatan Penjaringan, Kelurahan Pluit, Jakarta Utara. Di sana, ada tiga penyakit yang paling banyak menjangkiti anak hingga usia 2 tahun.

“Yaitu infeksi saluran napas atas (ISPA), diare, dan penyakit kulit,” kata dokter Puskesmas Kecamatan Penjaringan, dr. Mulia Suryandari, MKM, dalam keterangan tertulis usai diskusi dan sosialisasi Kampanye Sleek Baby 1.000 Hari Perlindungan di RPTRA Jakpro Asri, Pluit, Jakarta, baru-baru ini.

Impetigo dan scabies (kutu kulit) termasuk penyakit kulit yang paling sering muncul. Baik ISPA, diare, dan penyakit kulit sangat berkaitan dengan kebersihan atau sanitasi. “Cuci tangan dan mandi itu penting sekali,” tegas dr. Mulia.

Secara garis besar, status gizi anak di Kelurahan Pluit sudah berada dalam kisaran normal, dengan berat badan (BB) yang baik. Namun masih ada sebagian anak yang berada di bawah garis merah (kurus), bahkan di bawah garis hitam (sangat kurus).

“Anak yang status gizinya buruk itu pendatang,” terang dr. Mulia. Status gizi balita dipantau di Posyandu. Bila ditemukan kasus gizi kurang/gizi buruk, petugas Posyandu melakukan kunjungan rumah. “Kami cari apa penyebabnya. Keluarga diedukasi, lalu bayi kami beri makanan tambahan,” ujar dr. Mulia.

Makanan tambahan bisa berupa susu, atau bubur bayi dari bantuan Kementerian Kesehatan. Cara mencegah berbagai penyakit tersebut salah satunya dengan menjaga kebersihan pada bayi dan anak. Brand Manager Sleek Baby Lidwina Natalia menjelaskan menjaga kebersihan, bukan hanya pakaian bayi, tapi juga pakaian ibu dan ayah. Sebab jangan lupa, kulit bayi menempel pada pakaian kita saat kita menggendongnya, atau saat dia menyusu.

“Pakaian kita yang kasar bisa mengiritasi kulitnya,” ungkap Wina. Kesehatan kulit bayi juga perlu dijaga dari ruam popok. Popok bayi harus diganti tiap 2-3 jam. “Bila dipakai terlalu lama, bisa muncul ruam,” tutup Wina.(ika/JPC)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778