Pariwara
Kolaka

Simulasi Penanggulangan Teroris Digelar di Kompleks Antam

ZULFADLY NUR/KENDARI POS
OBJEK VITAL : Suasana simulasi penanggulangan teroris yang digelar di Lapangan Panahan Kompleks Antam Pomalaa, kamis (22/11)

KENDARIPOS.CO.ID — Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) menggelar standar operasional prosedur (SOP) sistem pengamanan objek vital nasional dalam menghadapi ancaman terorisme di Lapangan Panahan Kompleks Antam Pomalaa, Kamis (22/11). Kegiatan simulasi tersebut dihadiri Direktur Perlindungan BNPT Brigjendpol. Herwan Haidir, Wakil Bupati Kolaka, Muhammad Jayadin, jajaran manajemen PT Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Sultra, serta pimpinan Polri dan TNI dari Polda dan Korem 143 Halu Oleo.

Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Bambang Gatot Ariyono, menyampaikan, objek vital nasional bidang ESDM memiliki peranan penting dan strategis karena menyangkut hajat hidup orang banyak, kepentingan negara dan sebagai sumber pendapatan negara yang strategis. Makanya, pengelolaan, pengawasan dan pengamanan menjadi hal penting untuk dilakukan. “Ancaman serangan terorisme saat ini harus diwaspadai karena tidak hanya menyasar fasilitas umum atau publik semata, namun kawasan objek vital nasional. Bukan tidak mungkin menjadi sasaran dari aksi terorisme. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi ancaman serangan terorisme, Kementerian ESDM telah menjalin nota kesepahaman dengan Kepala BNPT yang kemudian ditindaklanjuti dengan penyusunan perjanjian kerja sama antara Direktur Jenderal Mineral dan Batubara dengan Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT,” tuturnya.

Bambang berterima kasih pada seluruh pihak khususnya PT. Antam (Persero), Tbk yang telah bersedia dan memfasilitasi kelangsungan acara simulasi standar operasional prosedur ini. “Saya mengharapkan acara ini dapat menjadi pedoman pencegahan dan penanganan ancaman terorisme khususnya pada objek vital nasional Subbidang Minerba dan umumnya untuk perusahaan tambang di seluruh Indonesia,” harapnya.

General Manager PT Antam Tbk UBPN Sultra, Hartono, mengatakan simulasi penanggulangan teroris yang dilakukan tidak hanya dapat memberikan dampak positif pada kemampuan para peraga yang terlibat, tetapi juga dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi iklim dunia usaha. Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut iklim dunia usaha semakin kondusif dan berdampak pada perekonomian di daerah.

“Terima kasih kepada pihak penyenggara yang telah memilih lokasi Antam di Pomalaa sebagai tempat simulasi. Kami berharap SOP ini terbatas pada simulasi dan peragaan saja. Semoga ancaman teror terhadap dunia usaha tidak terjadi,” harap Hartono. Dalam simulasi yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut, diskenariokan terjadi demo di Kantor Antam yang dilakukan sekelompok massa dengan anarkis. Saat ditertibkan, ada yang melakukan perlawanan dan bahkan penculikan terhadap pejabat Antam. Untung saja, berkat ketangkasan aparat keamanan, para pelaku teror yang menggunakan bom dan senjata api itu berhasil dilumpuhkan dan sandera dapat diselamatkan. (b/fad)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778