Pariwara
Kolaka

Antam Gelar Pelatihan Pembuatan Pastry di Kolaka

ZULFADLY NUR/KENDARI POS
PELATIHAN : Pose bersama jajaran Manajemen PT Antam bersama para peserta pelatihan Make Pastry For Home and Industry di Pondok Kumoro.

KENDARIPOS.CO.ID — PT Aneka Tambang (Antam) Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) terus memberikan kontribusi bagi warga di sekitar konsesinya. Sabtu (3/11) lalu, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tersebut menggelar “make pastry for home and industry” atau pelatihan pembuatan kue bagi para wanita Pondok Kumoro Kompleks Antam Pomalaa. Pelatihan yang berlangsung hingga Minggu (4/11) tersebut menghadirkan Chef Hartopo Haryanto.

AM Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT Antam UBPN Sultra, Maemanah, mengungkapkan, jumlah peserta pelatihan kali ini sebanyak 50 orang. mereka adalah mitra binaan Antam dan Persatuan Wanita Aneka Tambang (PWAT). Kegiatan itu sendiri merupakan bentuk tanggung jawab tim PKBL untuk mengembangkan kompetensi mitra binaan Antam.

“Dalam program kemitraan ada dana yang dipinjamkan dalam bentuk modal dan itu dikenakan jasa sebesar 3 persen tiap tahun atau 0,25 persen perbulan. Itu menjadi tangggung jawab kami untuk mengembalikan dana tersebut pada mitraa binaan dalam bentuk pembinaan atau menjadi dana bergulir. Jadi diberikan kesempatan kepada yang lain untuk mendapatkan pinjaman modal,” jelasnya.

Maemanah mengatakan, setiap tahun pihaknya selalu mengadakan pembinaan terhadap mitra binaan. “Tahun lalu kami juga mengadakan pelatihan pengelolaan kuliner yaitu dengan melakukan pembinaan terhadap warga tentang cara pembuatan abon ikan dan dari pelatihan tersebut sudah ada mitraa binaan yang mengembangkan menjadi industri,” ungkapnya.

Vice President Feni Plant PT Antam UBPN Sultra, Hamzah Kurniadani, yang membuka acara tersebut mengimbau peserta pelatihan untuk serius dalam mengikuti pelatihan tersebut. Sebab kata dia, pelatihan tersebut dapat menambah wawasan mengenai masakan khususnya di bidang kue-kue sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bagi pesertanya.

“Diharapkan dengan pelatihan ini maka ibu-ibu bisa membuat kue yang bisa dikonsumsi minimal oleh keluarga. Kalau ada jiwa kewirausahaan maka bisa skala industri. Apalagi industri makanan di Pomalaa saat ini mulai memmperlihatkan prospek. Dengan adanya pelatihan seperti ini maka diharapkan ekonomi masyarakat di sekitar perusahaan bisa meningkatkan,” tuturnya. (c/fad)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778