Pariwara
Buton Utara

Pengerjaan Proyek Irigasi di Butur Tuntas

Wawan Wardaya

KENDARIPOS.CO.ID — Tak hanya fokus membangun infrastuktur umum seperti jalan dan jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Buton Utara (Butur) turut andil menyukseskan program pertanian organik melalui pembangunan jaringan atau saluran irigasi. Langkah tersebut dilakukan untuk menunjang pengairan di daerah persawahan potensial. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Buton Utara, Wawan Wardaya, menuturkan, sebanyak empat paket peningkatkan jaringan saluran irigasi dibangun di Lahumoko, Triwacu-wacu, Gunung Sari dan Lambale. Diharapkan, lahan petani tak lagi kekeringan jika musim kemarau datang melanda dan produksi sawah atau ladang petani dapat melimpah.

“Proyek pembangunan irigasi telah tuntas dikerja,” ujar Wawan Wardaya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (15/10). Mantan Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Butur ini menambahkan, jaringan irigasi dibangun untuk menjamin kebutuhan air untuk sawah dan ladang petani. “Selain itu, mampu mengurangi potensi gagal panen akibat kekeringan di saat musim kemarau datang melanda,” tambahnya.

Selain itu, untuk menjamin ketersedian air untuk lahan pertanian, organisasi perangkat daerah yang membidangi infrastruktur tersebut, juga membangun bendung di kawasan Rahmat Baru, Kecamatan Kulisusu Barat. Alokasi dana yang dibutuhkan sebesar kurang lebih Rp 12 miliar bersumber dari dana alokasi khusus. “Untuk pembangunan bendung ditempatkan pada ketinggian, memanfaatkan satu aliran sungai. Kemudian air yang ditampung disalurkan ke sawah petani,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy