Pariwara
Kesehatan

Hilangkan Stress Dengan Cara Ini

KENDARIPOS.CO.ID — Setiap orang pasti pernah mengalami stres, entah itu stres level ringan atau akut. Ganguan mental ini tidak hanya berdampak pada kondisi psikis. Stres juga bisa berpengaruh pada berat badan, kehidupan seksual, kerontokan rambut dan penyakit kronis. Beruntung bagi kita, tidak seperti tubuh kita, yang membutuhkan lebih banyak waktu dan perhatian, otak kita mungkin membutuhkan hanya 5 menit atau lebih dan 5 langkah ini untuk menghilangkan stres, seperti dilansir laman India Times.

Langkah 1: Penting untuk mengenali emosi Anda terlebih dahulu

Penelitian menyatakan bahwa langkah pertama untuk mengatasi stres adalah dengan mengenali emosi Anda dan memberinya label dengan kata sifat yang masuk akal bagi Anda. Ini adalah langkah pertama menuju proses pembersihan diri Anda secara emosional.

Langkah 2: Tarik nafas dalam-dalam

Ini adalah salah satu teknik yang selalu ada dan berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan de-stres. Gunakan pernapasan perut untuk segera membebaskan diri dari stres. Tarik napas dan hembuskan napas dalam-dalam hingga hitungan lima. Lakukan ini setidaknya selama 30 detik. Lakukan upaya sadar untuk mengendurkan seluruh tubuh Anda saat Anda melakukan ini. Ini mungkin cara paling sederhana dan paling efektif untuk menenangkan diri.

Langkah 3: Tulis semua keluhan Anda

Luangkan waktu sebentar untuk menuliskan pemikiran dan perasaan Anda tepat pada saat itu. Menuliskannya secara konkret akan membantu Anda memberikan konteks yang kuat kepada mereka dan sebagai hasilnya membantu Anda memprosesnya lebih baik dengan melihatnya secara objektif, bukan hanya secara emosional. Sekarang, untuk bagian terpenting. Rapikan selembar kertas dan biarkan potongan-potongan itu terbang atau hanya membuangnya di tempat sampah. Percayalah, hal ini akan membantu Anda melepaskan beberapa emosi dan frustrasi yang terpendam.

Langkah 4: Batasi pikiran Anda dengan menantang diri sendiri

Tantang diri Anda untuk melakukan sesuatu yang bisa mengubah cara Anda merasakan saat ini secara signifikan. Katakanlah, Anda menantang diri sendiri untuk memikirkan nasihat yang ingin Anda berikan kepada seorang teman yang sedang menghadapi apa Anda saat ini. Atau, tetapkan tantangan bagi diri Anda sendiri untuk mengirim pesan kepada seseorang yang sudah lama ingin Anda hargai. Tetapkan tantangan yang akan membuat perbedaan dalam hidup Anda dan pasti akan membuat Anda merasa lebih baik pada saat ini.

Langkah 5: Ubah pikiran Anda dengan rasa syukur dan berbelas kasih terhadap orang lain

Waktunya habis. Saatnya mengalihkan fokus dari diri Anda ke yang lain untuk melihat bagaimana Anda bisa membantu mereka, seperti yang Anda lakukan untuk diri Anda sendiri. Dengan demikian, Anda mengalihkan perhatian dari diri Anda sendiri dan terhadap orang lain yang membutuhkan. Ingat otak Anda adalah otot itu sendiri. Semakin Anda bekerja dengannya untuk menghilangkan stres itu sendiri, maka akan semakin efektif dan tenang Anda bisa membuat diri Anda dalam hitungan menit. (fny/jpnn)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: kendariposonline@gmail.com Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top
error: Silahkan hubungi admin jika ingin mengcopy