Pariwara
Kesehatan

Ini Manfaat Pisang Untuk Tubuh Kita

KENDARIPOS.CO.ID — Salah satu buah yang dikenal lezat dan mengenyangkan adalah pisang. Pisang biasanya dijadikan makanan tambahan untuk membantu kelancaran penurunan berat badan atau menambah energi. Selain itu, pisang mengandung beberapa nutrisi penting yang memberikan manfaat untuk pencernaan dan kesehatan jantung. Lebih lengkapnya berikut lima manfaat tentang pisang yang berguna bagi tubuh, dilansir dari Healthline, Senin (22/10).

  1. Kalori Pisang

Pisang mengandung cukup banyak serat, serta beberapa antioksidan. Satu pisang memiliki karbohidrat 24 gram, serat 3.1 gram, protein 1.3 gram, dan lemak 0.4 gram. Setiap pisang hanya memiliki sekitar 105 kalori dan hampir seluruhnya terdiri dari air dan karbohidrat.

Pisang yang belum matang sebagian besar terdiri dari pati dan pati resisten. Tetapi ketika pisang matang, pati berubah menjadi gula (glukosa, fruktosa dan sukrosa).

  1. Kadar Gula Pisang

Bagi orang yang memiliki penyakit diabetes tipe 2, disarankan untuk menghindari makan banyak pisang matang. Jika memang sering makan pisang lebih baik selalu memantau gula darah. Resistensi insulin merupakan faktor risiko utama untuk banyak penyakit paling serius di dunia, termasuk diabetes tipe 2. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa 15-30 gram pati resisten per hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin hingga 33-50% dalam waktu empat minggu.

  1. Dapat Mengurangi Nafsu Makan

Tidak ada studi yang secara langsung menguji efek pisang terhadap penurunan berat badan. Namun, pisang memang memiliki beberapa hal yang membuat bisa menurunkan berat badan. Alasan lainnya, pisang memiliki kalori yang relatif sedikit. Pisang rata-rata memiliki lebih dari 100 kalori – namun juga sangat bergizi dan mengenyangkan.

  1. Pisang Sebagai Antioksidan

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber antioksidan diet yang sangat baik. Buah Pisang juga mengandung beberapa jenis antioksidan kuat, termasuk dopamin dan katekin. Antioksidan ini punya manfaat kesehatan, seperti penurunan risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif.

  1. Makanan untuk Para Atlit

Pisang sering disebut sebagai makanan yang sempurna untuk para atlit terutama karena kandungan mineralnya dan karbohidrat yang mudah dicerna. Makan pisang dapat membantu mengurangi kram otot dan nyeri yang terkait dengan latihan. Lalu pisang juga memberikan nutrisi yang sangat baik baik sebelum, selama dan setelah olahraga. (Inr/JPC)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778