Pariwara
Muna

Pembayaran Honor Perawat dan Porprov Jadi Prioritas Pemkab Muna

LM Rusman Emba

KENDARIPOS.CO.ID — Penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2018, sedang dirampungkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna. Diproyeksikan, nilainya tidak akan jauh berbeda dengan APBD Induk sebesar Rp 1,1 triliun. Bupati Muna, LM. Rusman Emba menyebutkan sejumlah program prioritas dalam APBD-P nanti. Program utama yang diakomodir adalah penuntasan pembayaran honor paramedis di RSUD Muna. Kewajiban itu kata Rusman tidak bisa ditunda. Para perawat sudah hampir delapan bulan tidak digaji karena ketidaksiapan anggaran dalam menunjang perubahan status rumah sakit dari satuan kerja menjadi badan layanan umum.

Sesuai perhitungan pihak rumah sakit, total kebutuhan honor satu tahun mencapai Rp 10 miliar. “Paling utama itu honor perawat baik rumah sakit maupun Puskesmas. Itu saya garansikan akan dianggarkan di perubahan,” kata Rusman. Selain honor, prioritas lain yang disebut Rusman adalah persiapan Kabupaten Muna mengikuti pekan olahraga provinsi (Porprov) di Kolaka, Desember mendatang. Dua item itu menurut mantan Ketua DPRD Sultra tersebut harus segera diakomodir dalam anggaran perubahan.

Pemkab Muna sendiri baru mengalokasikan Rp 3,5 miliar dan butuh kurang lebih Rp 10 miliar lagi untuk memuluskan keikutsertaan kontingen daerah dalam Porprov. “Dua kegiatan itu (honor perawat dan Porprov) akan jadi fokus utama, selain juga kegiatan lain yang sifatnya urgen dan mendesak,” paparnya.

Untuk menutupi kebutuhan tersebut, Rusman mengatakan jika Pemkab memiliki sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) pada APBD 2018. Nilainya mencapai Rp 23 miliar. “Tentu masih ada sumber lain seperti PAD,” argumennya.

Ia menargetkan pengesahan APBD-P dapat dilakukan paling lambat awal Oktober. Saat ini, proses penyusunan rancangan tengah dimaksimalkan tim anggaran pemerintah daerah. “Prinsipnya, kami ingin lebih cepat supaya program bisa langsung dikerjakan,” pungkas Muna-1 itu. (b/ode)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778