Pariwara
Buton

530 Hektare untuk Zona Perkotaan dan Kantor di Buton

Sufi Hisanuddin

KENDARIPOS.CO.ID — Kawasan untuk rencana pembangunan pusat perkantoran dan perkotaan di Buton Selatan (Busel) sudah dipersiapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Itu setelah mendapat teguran keras dari tim evaluasi daerah otonomi baru (DOB) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), beberapa waktu lalu. Sebab dari sekitar 18 DOB di Indonesia yang dievaluasi, Busel hanya mampu menempati urutan kedua terbawah.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Busel, Sufi Hisanuddin, mengatakan, kawasan perkantoran dan perkotaan Busel telah disiapkan. Tempatnya berada di dua kelurahan dengan dokumen lengkap. Totalnya luas wilayah sekitar 530 hektare. “Dalam undang-undang, Kecamatan Batauga adalah ibu kota kabupaten. Nah, dari wilayah Batauga yang sudah ada dokumennya, di dua kelurahan. Yakni Masiri dengan luas 316 hektare dan Kelurahan Laompo sekitar 214 hektare. Di sana lahan untuk pembangunan kantor bupati dan DPRD sudah dibebaskan,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya.

Meski begitu, saat ini pihaknya belum bisa melakukan pembangunan gedung perkantoran tersebut. Alasannya, kondisi ketersediaan anggaran belum memungkinkan. “Tetapi untuk tahap perencanaan sudah akan kita lakukan pada anggaran pendapatan belanja daerah perubahan (APBD-P) 2018. Setelah perencanaan selesai, nanti awal 2019 baru kita mulai lakukan pembangunan,” terangnya.

Soal berapa anggaran yang diproyeksi untuk membiayai pembangunan gedung perkantoran pada 2019 mendatang, Sufi Hisanuddin belum bisa memastikan. “Kita harus tunggu dulu perencanaannya. Kalau dokumen sudah ada, baru bisa kita tahu,” argumennya. Makanya, dalam realisasi ke depan, semua akan disesuaikan dengan kondisi keuangan. Sebab, jika dilakukan pembangunan sekaligus, maka seluruh APBD Busel belum tentu dapat membiayai proyek tersebut.

“Makanya, terkait dengan penilaian DOB, kita coba selesaikan kantor dulu. Semua dikerjakan sesuai kemampuan keuangan daerah. Karena untuk pemerintahan, dengan sarana perkantoran yang ada saat ini saja, sudah bisa berjalan,” tutup Sufi Hisanuddin. (b/ahi)

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Download Aplikasi Epaper Kendari Pos

loading...

Copyright © 2015 PT. Media Kita Sejahtera Jl. Malik Raya No.50 Mandonga, Kendari - Sultra, Hp: 08114052225 (sms) Email: [email protected] Time: Monday, 30 October 2017 07:12:21

To Top

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778

Notice: ob_end_flush(): failed to send buffer of zlib output compression (1) in /home/kendari1/public_html/wp-includes/functions.php on line 3778